Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

  • Sitti Aisyah Chalik Dosen Pendidikan Bahasa Arab, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Quantum Pembelajaran; Bahasa Arab

Abstract

Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Artinya, model pembelajaran merupakan gambaran umum namun tetap mengerucut pada tujuan khusus. Quantum Learning yaitu penggabungan teori-teori pendidikan terkemuka yang kemudian diuji cobakan kepada siswa-siswa melalui program Super Camp. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara membaca/mencari beberapa informasi atau data dari berbagai sumber baik berupa buku ataupun artikel-artikel yang terkait dengan objek penelitian. Hasil penelitian dari beberapa peneliti terkait penelitian ini menjadi data primer. jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka yang menganalisis hasil-hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti-peneliti sebelumnya, yang terkait dengan judul penelitian ini. Perapan model pembelajaran Quantum Teaching, aktivitas belajar menjadi lebih aktif dan cenderung positif dalam mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru. Dengan kondisi tersebut maka tingkat pemahaman akan meningkat dan pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi belajar.

References

Dardjowidjojo, Soenjono. Linguistik: Teori & Terapan.

Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya, 1987.

Dahlan, Juwairiyah Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab, Surabaya: PT Al Ikhlas, 1992.

Hamiyah, N., Jauhar, M.. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: 2014.Prestasi Pustaka Publisher De Porter, Bobb. Dkk. Quantum Teaching. Bandung: Penerbit Kaifa, 2000

Hamid, Abdul, Baharuddin, Uril dan Mustofa, Bisri. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekaatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UIN-Malang, 2008

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan Remaja Rosdakarya, 2009

Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaaran Bahasa Arab.

Bandung: Humaniora, 2009

Jamil, Suprihatiningrum. Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-ruzz Media 2013.

A’la, Miftahul.. Quantum Teaching (Buku Pintar dan Praktis). Yogyakarta: Diva Press 2010.

Janarti, Tri. 25 November 2019. Ruang Guru https://sinaukomunikasi.wordpress.com/2011/11/03/teori-teori-penunjang-dalam-penelitian-kualitatif/ Kamis, 15 Agustus 2019.22.06 wita

Published
2022-12-07
Abstract viewed = 391 times