Strategi Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Masa Pandemi Covid-19 di Pusat Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Malang
Abstract
Pusat Ma’had Al-Jami’ah merupakan Unit di bawah naungan kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang menerapkan manajemen dalam pembelajarannya, namun sejak munculnya Pandemi Covid-19, lembaga ini turut serta merubah pola pembelajarannya menyesuaikan dengan protokol kesehatan yag berlaku, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab pada Program Shabahul Lughah beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis SWOT, dengan melibatkan Direktur, Staf Ma’had, Murabbi dan Musyrif sebagai informan. Hasil dari penelitian ini adalah telah dibentuknya sistem perencanaan yang baik dalam perencanaan pembelajaran, serta dalam pelaksanaanya sudah berjalan sebagaimana yang direncanakan, dan hasil belajar yang baik menunjukkan keberhasilan dari pelaksanaan serta penggunaan alat evaluasi yang sesuai dan akurat. Terdapat kelemahan seperti kurang lengkapnya fasilitas dan skema baru dalam pembelajaran model daring dan telah dapat diatasi dengan baik dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada.
References
Andi Yusuf, Ujang (2020) Kebutuhan Ilmu Manajemen Pendidikan Islami dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi 4.0, Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 3(1), 93-108. http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i01.688
Fatimah dan Dewi Kartika Sari, Ratna “Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa,” Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sasta Indonesia, Volume 1 Nomor 2, Oktober 2018.
Freddy Rangkuti. Analisa SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama. 2013. hal.19
Geddis Arthur, & Barry Anslow. 1993. Tranforming Content Knowledge: Learning To Teach About Isotopes. Faculty of Education, Universityof Western Ontario, London, Ontario N6C lG7, Canada Science Educational, 575-591.
Jannah Akmal, Miftahul dan Santaria, Rustan. “Mutu Pendidikan Era Revolusi 4.0 di Tengah Covid-19,” Journal of Teaching and Learning Research, Vol. 2, No. 2, pp. 1-12, 2020
Lazwardi, Dedi. “Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan,” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam” Vol . 7 No. 1, Juni 2017
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Bab II, Pasal 4. (jdih.kemdikbud.go.id)
Saifulloh, Ahmad Munir dan Darwis, Mohammad. “Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 03 No. 02 Oktober 2020
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2005), 41
Syaputra, Adi dan Hasanah, Enung. “Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19” Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume: 8, No. 2, Juli-Desember 2021
Zayyadi, Mohammad (2020) إدارة تعليم اللغة العربية ببرنامج صباح اللغة في معهد سونان أمبيل العالي مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Copyright (c) 2022 Ahmad Dzulfikar Al Farobi, R. Taufiqurrochman, Sutaman, Faroidusy Syauqi Ahmad Z, Firman Nurul Fauzi, Moh. Zayyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.