Pemerolehan Mufrodat sebagai Bahasa Kedua pada Mahasiswa Suku Dayak Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPR

  • Nor Anisa Siska Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Muhammad Adib Farhan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Fasich Nur Firdaus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Muassomah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Misnawati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Keywords: Pemerolehan Mufrodat; Bahasa Kedua; Suku Dayak

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab khususnya di wilayah Kalimantan Tengah sangat jauh berbeda dari pembelajaran Bahasa Arab di wilayah pulau Jawa, hal ini dikarenakan baground etnis masyrakat Kalimantan mayoritas bersuku Dayak, serta hanya sedikit yang mempelajari Bahasa Arab sebagai pembelajaran Bahasa asing. Pada penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan mufrodat Bahasa Arab sebagai Bahasa kedua pada mahasiswa suku Dayak di prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia UPR. Dan pada penulisan artikel ini mengungkapkan perspektif siswa terkait pembelajaran Bahasa Arab. Metode penelitian pada penulisan artikel ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara, kemudian Teknik analisis datanya, menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan digunakan sebagai upaya menyempurnakan efektivitas dari pemerolehan serta pembelajaran bahasa Arab khususnya untuk tingkat mubtadi

References

A. Akmalia, La Tadzarney Varda dan Wasiatur Rizqiyah. "PENGEMBANGAN KARTU KATA BERGAMBAR (FLASH CARD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOSA KATA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH KELAS VI." Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 2Vol 4, 2020 :165: http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/614/565.

A. habibi Syahid. "Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedu ( Kajian teoritis Pemerolehan Bahasa Arab pada siswa non native)." Arabiyat Jurnal Bahasa Arab dan Kebahasaaraban2,(1), , 2015:86-87: http://dx.doi.org/10.15408/a.v2i1.1797.

Ahmad Qomaruddin. "PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT." Jurnal Tawadhu Vol. 1 no. 2,, 2017: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/viewFile/14/20.

Albi Anggito & Johan Setiawan S.Pd. Metode Pennelitian Kualitatif. Suka Bumi: CV. Jejak, 2018 :57-90.

Diah, Sabarotin. "PEMEROLEHAN BAHASA ARAB MENURUT AHMAD ABDUL KARIM AL-KHULLI." Digital SKRIPSI, THESIS IAIN PURWOKERTO., 2021:5: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/11648/.

Galang Surya Gumilang. "METODE PENELITIAN KUALITATIF DALAM BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING." Jurnal Fokus Konseling Volume 2 No. 2,, Agustus 2016 : 144-159: http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus.

Hamid Darmadi. "DAYAK ASAL-USUL DAN PENYEBARANNYA DI BUMI BORNEO." Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2017: http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v3i2.376.

M.N Badarudin, Harun Baharudin, Nik.Mohd Rahimi Nik Yusoff. "Keberkesanaan Strategi Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Teknologi penceritaan Digital dan Lakonan." ASEAN Comparative Education Research Journal On Islam And Civilization ( ACER-J), Volume 4 (1) 2021: https://spaj.ukm.my/acerj/index.php/acer-j/article/view/62.

Nurul Wahdah. "العلاقات المتعددة بين المتعلين الداياكيين و البنجاريين في تعلم اللغة العربية من حيث سمات الشخصية و المعتقدات و الاستراتيجيات المفضلة و التحصيل الدراسي." Etheses Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018: http://etheses.uin-malang.ac.id/12113/.

Sholihah. " Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodat." Jurnal Tarling Vol.1 No 1, 2017: http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/tarling/article/view/1122/845.

Siti Jubaidah. "PEMBELAJARAN DAN PEMEROLEHAN BAHASA ARAB DI PONDOK MODERN GONTOR DI DARUL MA’RIFAT GURAH KEDIRI JATIM." Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Vol 27 No 2, (2015: https://doi.org/10.21009/parameter.272.09.

Tajudin Nur. "Sumbangan Bahasa Arab terhadap Bahasa Indonesia Dalam Perspektif Pengembangan Bahasa dan Budaya." Humaniora Vol 26, no 2 ., 2014:235-243: https://journal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/5245/4307.

Tisa Maharani & Endang Setiyo Astuti. "PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA DAN PENGAJARAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN BIPA." Jurnal Bahasa Lingua Scientia, Vol 10 No 1 Juni 2018, 2018: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/ls/article/view/938/pdf.

"العلاقات المتعددة بين المتعلين الداياكيين و البنجاريين في تعلم اللغة العربية من حيث سمات الشخصية و المعتقدات و الاستراتيجيات المفضلة و التحصيل الدراسي." n.d.

Published
2022-12-19
Abstract viewed = 466 times