Analisis Kesalahan Berbahasa pada Lembar Jawaban Pelajaran Insya’ Bagi Siswa di Pondok Modern Ar-Rosyid Tanjung Jabung Barat

  • Bayu Setiawan Prambudi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Muashomah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Keywords: Analisis; Kesalahan Berbahasa; Lembar Jawaban; Pelajaran Insya’

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan Berbahasa Pada Lembar Jawaban Pelajaran Insya’ Siswa di Pondok Modern Ar-Rosyid Tanjung Jabung Barat dan mengetahui faktor kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif deskriptif dengan dua teknik pengumpulan data yaitu Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas kesalahan siswa dalam menulis lembar jawaban Insya’ terletak pada aspek sintaksis meliputi kesalahan dalam Na’at dan Man’ut, Huruf Jar dan Majrur-nya, Maf’ul bih dan isim ma’rifah. Pada aspek Fonologi meliputi kesalahan dalam menuliskan huruf yang suaranya berdekatan atau mirip dalam penyebutannya dan kesalahan penambahan, pengurangan huruf dan tanda baca pada kata. Pada aspek Morfologi meliputi kesalahan dalam penulisan shigah jamak, shighah fi’il Mudhari’ dan shigah fa’il. Adapun faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam penulisan Insya’ adalah transliterasi tulisan bahasa Indonesia dalam bahasa Arab yang tidak tepat, kurangnya rujukan literasi siswa pada kosa kata, kurangnya pemahaman dan keaktifan siswa dalam mempraktekkan kaidah-kaidah Nahwu dan Shorof, kurangnya inovasi guru dalam mengajar, dan lemahnya lingkungan berbahasa terutama bahasa tulis

References

Al-Basyir, A. Abdullah, Mudzakiroh Ta’lim Al-Kalamy (Jakarta: ma’had Al Ulum al Islamiyah wa al-Arobiyah bi Indonesia, tanpa tahun)

Al-Ghalayini, Mushthafa. (1993).جامع دروس العربية Jilid 3 (Beirut: jami’ al-Huquq Mahfudhoh)

Al-Jarim, Ali dan Mushtofa Amin, النحو الواضح في قواعد اللغة العربية للمرحلة الابتدائية jilid 1, (Kairo: Darul Ma’arif)

Chear, Abdul (2007) Linguistik Umum (Jakarta: Rineka Cipta)

Fahmi, Nurul. (2021). “Analisis Kesalahan Kaidah Dalam berbicara Bahasa Arab di Masyarakat Indonesia”|. Jurnal Kilmatuna Vol.1, No.1.

Haniah, Analisis “Kesalahan Berbahasa Arab Pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab”. Arabi Vol. 3, No. 1.

Khouli, Ali. Ilmu Lughoh (Yordania: Darul Falah)

Lubis, Mukhlis. (2019). Analisis kesalahan berbahasa Arab dalam Pembelajaran Hukum Islam. Ihya Al-Arabiyah, vol. 5, No. 2.

Nurkholis, (2018). “Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bahasa Arab”. Jurnal Al-Fathin Vol.1.

Prihantoro, Syukur. (2019). “Analisis kesalahan Bahasa Pada Taksonomi Linguistik dalam Penulisan Insya’ ”. Al-Mahira Vol. 5, No. 1.

Razin, Abu dan Umu Razin (2015). Ilmu Nahwu Untuk Pemula. (Pustaka Bisa)

Sitanggang ,Sri Meragnes. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menggunakan Possesivepronomen Bahasa Jerman. Jurnal Eralingua Vol. 2, No. 1.

Suharto, Toto dan Ahmad Fauzi. (2017). “Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Buku Teks Bahasa Arab untuk Perguruan Tinggi Agama Islam” Arabiyat. Vol.4, No. 1

Tarigan, Dkk (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa,( Bandung: Angkasa)

Published
2022-12-19
Abstract viewed = 293 times