إدارة مراقبة برنامج مجلس المناظرة العربية (Manabir) وتقويمه لتحسين المهارات اللغوية المستمر لدى طلاب الجامعة الحكومية مالانج (UM)
Abstract
Majlis al-munadharah al-‘arabiyyah (Manabir) merupakan suatu komunitas yang bergerak untuk mengembangkan dan melejitkan kemampuan mahasiswa berbahasa Arab aktif melalui metode debat. Siswa yang konsisten mengikuti kegiatan Manabir akan lebih mudah menguasai teknik berbicara lainnya seperti pidato bahasa Arab, puisi bahasa Arab, dan presentasi bahasa Arab. Manabir sebagai suatu komunitas yang menghasilkan orang-orang berprestasi harus mengawasi dan mengevaluasi program tersebut agar dapat berkembang dan dikenal secara luas. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode deskriptif analitis, tulisan ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pengawasan dan evaluasi program Manabir di UM. Peneliti mengumpulkan data melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data teori Miles & Huberman yang mempunyai 4 langkah. Yaitu: (1) pengumpulan data melalui wawancara dengan ketua himpunan mahasiswa jurusan Sastra Arab UM dan pengurus di Manabir, selain dokumen dalam daftar presensi dan laporan pertanggungjawaban; (2) mereduksi data; memilih dan memilah data hasil wawancara dan dokumen yang diperlukan dalam program Manabir; (3) menampilkan data dengan mengolah data yang telah dikategorikan berdasarkan pendekatan pengawasan dan evaluasi Manabir; (4) Menarik kesimpulan, yaitu kesimpulan peneliti dari hasil penyajian datanya. Peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis mendalam. Hasilnya, Manabir telah melalui tiga tahapan proses pengawasan yang baik, yaitu (1) penetapan standar pelaksanaan yang dimulai dengan menetapkan objek atau tujuan yang spesifik dan mudah diukur, (2) pengukuran pelaksanaan dilakukan secara sistematis, baik dengan observasi langsung atau menggunakan media, dan (3) identifikasi kesenjangan atau penyimpangan antara implementasi, standar, dan rencana. Evaluasi terhadap program yang dilakukan merupakan evaluasi internal.
References
Alowaydhi, Wafa Hafez, ‘Evaluation of Arabic Language Learning Program for Non-Native Speakers in Saudi Electronic University According to Total Quality Standards’, Journal of Education and Practice, 7.32 (2016), 74–90
Arikunto, Suharsimi, and Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, 2nd edn (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018) <https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.817>
Bako, Fitri Mawaddah, Faiqatul Masruroh, Friske Tuli, and Desiy Arifah, ‘Pengawasan Dan Evaluasi Program Bahasa Arab Di Pondok Pesantren’, Arabi: Journal of Arabic Studies, 3.1 (2018), 61–69
Fathoni, ‘Manajemen Pengawasan Pada Program Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sidoarjo’, SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2.2 (2020), 118–26 <http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/741>
Fauzan, Ahyar, Nuril Mufidah, and Abdul Malik Karim Amrullah, ‘إدارة برنامج تعليم اللغة العربية في معهد “خلوة تحفيظ القرآن واللغة العربية” كارانج أنيار جاوى الوسطى’, Jurnal Ihtimam, 2022, 19–37 <https://doi.org/10.36668/jih.v5i2.419>
Fauzi, Ahmad, and dkk, Metodologi Penelitian (Banyumas: CV. Pena Persada, 2022)
Hakim, Lukman, and Mukhtar, Dasar-Dasar Menajemen Pendidikan, ed. by Yusdi Anra (Jambi: Timur Laut Aksara, 2018)
Hidayah, Nuriyatul, ‘Manabir, Wadah Mahasiswa UM Menorehkan Prestasi Di Bidang Bahasa Arab’, Departemen Sastra Arab UM, 2018 <http://arab.sastra.um.ac.id/manabir-wadah-mahasiswa-um-menorehkan-prestasi-di-bidang-bahasa-arab/> [accessed 10 April 2023]
Islami, Muhammad Nahidh, Dalilan Aini, Eva Famila Rosyida, Zakiyah Arifa, and Umi Machmudah, ‘Manajemen Program Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Munadharah ’Ilmiyah Pekan Arabi Di Universitas Negeri Malang Di Masa Pandemi’, Taqdir, 7.2 (2021), 181–97 <https://doi.org/10.19109/taqdir.v7i2.9073>
Mar, Nur Azaliah, and Danial Hilmi, ‘Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Prasekolah Yayasan PAUD Sultan Qaimuddin Di Kendari’, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9.1 (2021), 1–10 <https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36943>
Miles, B. M., A. M. Huberman, and J. Saladana, Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook, 3rd edn (New York: SAGE Publications, 2014)
Muradi, Ahmad, Danial Hilmi, Fatwiah Noor, Hasni Noor, and M. Syahran Jailani, ‘Evaluation of Arabic Learning Program at State Islamic Religious College During COVID-19’, Eurasian Journal of Educational Research, 99, 2022, 189–200 <https://doi.org/10.14689/ejer.2022.99.011>
Nisa’, Evi Khoirun, Rahmatullah Rasyid Winarko, Nur Asiah Amin Lubis, and Zakiyah Arifa, ‘إدارة تنظيم برنامج تعليم اللغة العربية في معهد الروضة الحسنة ميدان’, Arabiyya, 11.1 (2022), 71–96
Rodiyah, St., Manajemen Pendidikan Sebuah Konsep Dan Aplikasi, ed. by Moh. Khusnuridlo, 1st edn (Jember: IAIN Jember Press, 2015)
Rosa, Lediana, ‘Jenis-Jenis Pengawasan’, LMS SPADA Indonesia, 2021 <https://lmsspada.kemdikbud.go.id/mod/forum/discuss.php?d=5450> [accessed 7 April 2023]
Styabudi, Wahyu, ‘Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Darussalam’ (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018)
Tumanggor, Amiruddin, James Ronald Tambunan, and Pandapotan Simatupang, Manajemen Pendidikan, ed. by Sarintan E. Damanik, 1st edn (Yogyakarta: K-Media, 2021)
Copyright (c) 2024 Rozana El-Imani, Amirotun Nabila, Zakiyah Arifa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.