Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Membaca Teks Arab di SMP Plus Al-Firdaus Malang

  • Ahmad Faizal Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Abdul Bashith Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Abd Gafur Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Kata Kunci: Metode CIRC, Pembelajaran Membaca, Teks Arab

Abstrak

Dalam pembelajaran membaca teks bahasa Arab diperlukan metode pembelajaran yang tepat dan menyenangkan agar terwujud pembelajaran yang menarik dan efektif. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca teks bahasa Arab adalah Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca teks bahasa Arab mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode CIRC dan keefektifannya dalam pembelajaran membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model one-Group pretest-posttest design dimana peneliti melakukan pretest sebelum dilakukan treatment dan posttest setelah dilakukan treatment. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Plus Al-Firdaus Malang yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah dilakukan treatment berupa penerapan metode CIRC. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest 63,1 meningkat dengan nilai rata-rata posttest 86,1.

Referensi

Tarigan, Henry Guntur, Membaca sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. (Bandung: Angkasa, 1983).

Rahin, Farida, Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar, (Jakarta: bumi aksara, 2007)

Prastisi, Sri, Membaca (Semarang: Griya Jawi, 2009)

Costa, A.L, Developing Minds, A Resouce Book For Teaching Thinking. (Virginia: Association For Supervision And Curriculum Development, 1985)

Suja`i, Innovasi Pembelajaran Bahasa Arab: Strategi Dan Metode Pengembangan Kompetensi. (Semarang: Wali Songo Press.2008).

Sutikno, Model-Model Pembelajaran,. (Lombok: Holistica 2014).

Ginting, Esensi Praktis Belajar Pembelajaran. (Bandung: Humaniora. 2014).

Suprijono, Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). (Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2019).

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2011).

Wida Nengsih dkk. Penerapan Metode Pembelajaran Circ Terhadap Menulis Teks Ceramah Pada Siswa SMA. Parole: jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia. volume 2 nomor 3, Mei 2019.

Fitriani,Laily, Strategi Belajar Membaca Teks Arab Berbasis Belajar Mandiri. Tarling: Journal of Language Education Vol. 3, No. 1, Desember 2019.

Diterbitkan
2023-12-29
Abstrak viewed = 263 times