تنفيذ تعليم اللغة العربية باستحدام طريقة التمييز لطالبات الصف الثاني في معهد روضة الجنة
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab bagi siswi kelas II di Pesantren Raudhatul Jannah Kota Subulussalam. Metode Tamyiz dipilih karena dikenal efektif dalam mempermudah proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan siswi dan guru untuk memperoleh informasi dengan cara observasi, wawancara secara mendalam, dan analisis dokumen terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Tamyiz efektif dalam peningkatan pemahaman tata bahasa Arab siswi, melalui pendekatan yang menyenangkan metode ini membantu siswa untuk secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan membangun pemahaman yang mendalam tentang struktur dan kosa kata bahasa Arab. Faktor utama pendukung keberhasilan metode ini meliputi penggunaan media pembelajaran yang bervariasi seperti lagu, permainan dan kartu kata; suasana pembelajaran yang kondusif, serta dukungan aktif guru yang berkomitmen tinggi dalam mencerdaskan siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa metode Tamyiz efektif dalam memperdalam pemahaman dan membangkitkan pemahaman siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Namun penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa masalah, seperti perbedaan kemampuan bahasa Arab di antara siswi dan terbatasnya waktu yang tersedia untuk pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya penyesuaian metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individu siswi dan memastikan lingkungan belajar yang mendukung.
References
Ahmadi, and Aulia Mustika Ilmiani. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional Hingga Digital. Edited by Hamidah. Vol. 6. Yogyakarta, 2020.
Arifin, Zainul. اللغة العربية طرائق وأساليب تدريسها. Edited by Ahmad Busyrawi. Padang, 2010.
Azizah, Aenul. “تطبيق طريقة التمييز في تعليم قواعد اللغة العربية لطلاب معهد الفلاح الحديث الإسلام جالي روكيه سونجوم بيربيس.” جامعة بروفيسور كياهي حاج سيف الدين زهري الإسلامية الحكمية بورووكرتو, 2021.
Hairani, Esi, Nadjematul Faizah, Muzayyanah, and Nur Izzah. “Kohesi Metode Tamyiz Dalam Pelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Takhasus Bayt Tamyiz Indramayu.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3, no. 2 (2018): 99. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n2.99-124.
Hanafi Harahap, Iman, and Akmal Walad Ahkas. “Penerapan Peraturan Berbahasa Arab Dan Inggris Terhadap Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Al-Yusriyah.” Jurnal Ilmiah Indonesia 7, no. 12 (2022).
Imro Atul Azizah, Rizka. “Implementasi Metode Tamyiz Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Vlll Di SMP Ma’had Darussa’adah Cilongok Kabupaten Banyumas.” Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2023.
Kalsum, Ummi, and Muhammad Taufiq. “Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima ’ Melalui Metode Storytelling Pada Siswa Kelas X” 4, no. 3 (2023): 1251–58.
Karmala, Fatmawati, and Nasruni. “Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Amaliyah Mallasoro Kabupaten Jeneponto.” ULIL ALBAB: Jurnal … 2, no. 5 (2023): 1995–2004.
Mukroji. “METODE TAMYIZ (Sebuah Formulasi Teori Nahwu Shorof Quantum).” Jurnal Kependidikan 2 (2014): 184.
Muntholib, Azhim, and Maemunah Sa’diyah. “Manajemen Pengelolaan Asrama Pesantren Terpadu Al-Kahfi Bogor.” EL-FURQANIA 8 (2022): 3–13.
Ngafifah, Nurul. “سامويناب ةيقرشلا وتركوور و ب يتروم يرت ميلعتلا.” جامعة بروفيسور كياهي حاج سيف الدين زهري الإسلامية الحكمية بورووكرتو, 2023.
Roji, Fathu. “تطبيق طريقة التمييز في تعليم مهارة القراءة بمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الأولى جاكرتا.” Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 8, no. 1 (2020): 170–200. https://doi.org/10.21274/tadris.2020.8.1.170-200.
Sahriani, Nahda, and Zulfahmi Lubis. “Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Laboratorium UINSU Medan.” Manazhim 5, no. 2 (2023): 867–79. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i2.3539.
Sultan, Muslihin. “TAMYIZ: Suatu Metode Alternatif Dalam Pembelajaran,” 2015, 1–211.
Suwardi, Imam, and Ririn Farnisa. “Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2018): 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758.
Syafi’i, Ahmad, Almutawakkil Alallah, and Anwar Abd. Rahman. “Problematika Penerapan Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Qawa’id Di MA DDI As-Salman Allakuang Sidrap.” Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 2 (2023): 321–35.
Copyright (c) 2024 Suliana Sukma, Rahmaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.