Al-Qur’an dan Bahasa Fusha

  • Besse Safata Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Munawwir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Abu Dzar Al-gifari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Al-Qur’an; Bahasa Fusha; Bahasa Arab

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengertian Al-Qur’an dan bahasa Fusha serta mengetahui hubungan Al-qur’an dan Bahasa Fusha. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengertian Al-Qur'an dan bahasa Arab Fusha, serta hubungannya. Data dikumpulkan melalui studi literatur dan dokumentasi, yang kemudian diolah untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kata "Al-Qur'an" secara etimologis memiliki beberapa makna, di antaranya "bacaan" (قرأ), "petunjuk" (قرائن), dan "himpunan" (القرء). Secara terminologis, Al-Qur'an didefinisikan sebagai firman Allah yang merupakan mukjizat dan diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Bahasa Arab Fusha, yang digunakan dalam Al-Qur'an, adalah bahasa ilmiah yang dipahami secara luas di dunia Arab dan digunakan dalam konteks resmi. Penelitian ini juga menyoroti keistimewaan bahasa Arab dalam Al-Qur'an, yang bukan hanya kaya dalam pemilihan kata dan struktur, tetapi juga memiliki makna yang mendalam, menjadikannya sebagai mukjizat yang tidak dapat ditandingi oleh karya sastra lain. Al-Qur'an menggunakan bahasa Arab dengan tingkat keindahan yang luar biasa, yang diakui bahkan oleh para penyair dan ahli bahasa Arab pada zamannya. Hal ini menegaskan bahwa Al-Qur'an sebagai firman Allah memiliki perbedaan mendasar dengan syair-syair Arab lainnya, baik dalam pemilihan kata maupun struktur bahasanya

References

Al-Munawar, Said Agil Husin. Al-Qur’an : Membangun Tradisi Kesalahan Hakiki. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Al-Qatthaan, Mannaa’. Mabaahits Fii ’Uluum Al-Qur’an. Bairut: al-Syirkah al-Muttahidah al-Tauzii’, 1975.

Al-Shaalih, Shubhii. Mabaahits Fii ’Uluum Al-Qur’an. Bairut: Daar al-’Ilm li al-Malaayiin, 1977.

Al-Zarqanii, Muhammad ’Abd al-’azhiim. Manaahil Al-’Irfaan Fii ’Uluum Al-Qur’an. Jilid I. Bairut: Daar alFikr, 1988.

Aman, Moh. “Bahasa Arab Dan Bahasa Al-Qur’an.” Tadarus Tarbawy 3, no. 1 (n.d.).

Amin, Moh. Materi Pokok Al-Qur’an-Hadist II. Modul 19-3. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka, 1997.

Nasution, Novita Sari, Lahmuddin Lubis, and Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Simki Pedagogia 6, no. 1 (2023)

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Hitti, Philip K. “‘Dunia Arab.’” Suara Muhammadiyah 02, 2004.

Shihab, M. Quraish. Mu’jizat Al-Qur’an : Ditinjau Dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Dan Pemberitaan Ghaib. Bandung: Mizan, 1998.

Syuhbah, Muhammad ibn Muhammad Abu. Al-Madkhal Fii Dirasah Al-Qur’an Al-Karim. Bairut: Daar al-Jiil, 1992.

Ya’kub, Emil Badi’. Fiqh Al-Lughah Al-Arabiyyah Wa Khashasuha. Bairut: Daar al-Tsaqaafah al-Islamiyyah, 1982.

Published
2024-08-07
Abstract viewed = 27 times