Efektivitas Penerapan Metode Hikari dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Yakin, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya

  • Fardan Abdillah Mansyur Institut Agama Islam Negeri Sorong
    (ID)
  • Nurul Fadillah Fakaubun Institut Agama Islam Negeri Sorong
    (ID)
Keywords: Metode Pembelajaran; Hikari; Belajar Bahasa Arab

Abstract

Metode pengajaran Hikari adalah salah satu metode yang diterapkan dalam pengajaran bahasa Arab yang menggambarkan metode cepat belajar nahwu-sharf, istilah hikari diambil dari nama kereta api cepat di Jepang. Kota Hiroshima-Tokyo yang berjarak sekitar 1000 km ditempuh dalam waktu 13 jam oleh kereta api biasa, sedangkan menggunakan kereta api Hikari dapat ditempuh dengan jarak waktu 5,5 jam. Penerapan metode hikari dalam pengajaran Bahasa Arab yaitu menumbuh spirit untuk mempercepat dan meningkatkan kemampuan membaca tulisan Arab khususnya yang tidak memiliki harakat. Maka, peneliti berkeinginan untuk menerapkan metode Hikari bagi santri Pondok Pes Nurul Yakin Kabupaten Sorong. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara kuantitatif. Objek penelitian dalam kajian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Ponpes Nurul Yakin Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya Kemudian, dalam pengumpulan data menggunakan instrumen analisis hasil penerapan metode, analisis data bersifat kuantitatif/statistik. Hasil penelitiannya yaitupenerapan metode Hikari efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Nurul Yakin Kabupaten Sorong. Hal ini terbukti dengan jumlah rata-rata nilai pre-test dan post test dari setiap santri, Adapun nilai rata-rata untuk pre test sebesar 61 % dan post test sebesar 90,09 %. Kemudian dari hasil persentase tersebut dapat dilakukan perhitungan melalui uji statistik ttabel =t0,05: 68 = 1,671 thitung (4,083) (1,671), jadi hasilnya signifikan sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat dijelaskan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara nilai tes akhir (Post test) dengan nilai tes awal (Pre test). Hal ini memberikan kesimpulan, bahwa penerapan metode hikari dalam pembelajaran Bahasa Arab efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab santri di Ponpes Nurul Yakin Kabupaten Sorong.

References

Ahmad, Muhammad ‘Abdul Qadir. Turuq Ta‘lim al-Lugah al-‘Arabiyah. Kairo: Maktabah al-Nahd ah al-Misriyah, 1979.

Ainin, M. dkk. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2006.

Al-Khuli, Muhammad Ali. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Basan Publishing, 2010.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabbar, Evaluasi Program Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Cet. VII. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya (Beberapa Pokok Pikiran) Cet. III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Azis, Furqanul dan A. Chaedar Alwasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2000.

Badri, Kamal Ibrahim. Turuq Ta‘lim al-Lugah al-Ajnabiyah, Fi al-Turuq al-‘Ammah fi Tadris al-Lug}ah. Jakarta: LIPIA, Tth.

Creswall, John W. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. New Delhi: SAGE Publication India Pvt. Ltd., 1994.

Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Depag RI yang disadur dari al-Qur’an dan terjemahannya Mushaf Al-Madinah Al-Nabawiyah yang dicetak oleh komplek percetakan Al-Qur’an al-Karim kepunyaan Raja Fath di Madinah Al-Munawaroh. 1990.

Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Cet. III. Malang: Misykat, 2005

Garancang, Sabaruddin. Kelas Kata Dalam Bahasa Arab. Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Kasim, Amrah. Bahasa Arab di Tengah-Tengah Bahasa Dunia. Yogyakarta: Kota Kembang, 2009.

Luwzee. Minat Belajar dan Konsep Belajar. Jakarta: PT. Grasindo, 2008.

Mujib, Fathul. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab. Bandung: Pedagogia, 2010.

Muna, Wa. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Teras, 2011

Nababan, Sri Utari Subyakti. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Qaurah, Hasan Sulaiman, Dirasah Tahliliyyah wa Muwaqaf Tatbiqiyyah fi Ta‘lim al-Lug}ah al-‘Arabiyah wa al-Din al-Islamiyah. Kairo: Maktabah al-Anjalu al-Misriyah, 2001.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Vol.6. Jakarta: Lentera Hati, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2011.

Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam, Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Jakarta: Kementerian Agama RI., 2013.

Ya‘qub, Emil. Fiqh al-Lugah al-‘Arabiyah wa Khasa’isuha. Beirut: Dar al-‘Ilmi, 1982.

Zainuddin, Radhiyah dkk. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005.

Zulhannan. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2015.

Published
2024-08-15
Abstract viewed = 32 times