STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PENGELOLAAN DANA ZAKAT PROFESI DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA BIMA

  • Nurarafah Nurarafah
  • Istika Ahdiyanti

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menganalisis strategi komunikasi organisasi pengelolaan dana zakat Baznas Kota Bima  Baznas Kota Bima menyusun strategi komunikasi dengan cara (1) mengoptimalkan fungsi komunikasi internal Baznas dengan cara memperbaiki komunikasi vertical dan horizontal di lingkungan Baznas Kota Bima dan melakukan pembinaan melalui pengakaderan.  Kemudian mengoptimalkan komunikasi ekternal dengan cara membentuk hubungan secara langsung dengan instasnsi dan berupaya melakukan pendekatan langsung untuk melakukan sosialisasi gerakan sadar zakat. kemudian Baznas Kota Bima juga memilki faktor pendukung dan faktor yang menghambat komunikasi organisasi dalam pengelolaan dana zakat. faktor pendukung meliputi profesionalisme amil zakat sedangkan faktor yang menghambat meliputi masih adanya tindakan kecurangan data yang dilakukan oleh UPZ kelurahan maupun intansi dan minimnya penggunaan media sosial dalam melakukan kampanye gerakan sadar zakat.
Published
2021-10-15
Abstract viewed = 338 times