Konstruksi Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Lorong Di Kelurahan Ende Kecamatan Wajo Kota Makassar

  • Suaib Ibrahim Institut Pemerintahan Dalam Negeri
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis model pemberdayaan masyarakat lorong terhadap kemiskinan perkotaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan lingkup operasional masyarakat miskin dengan model pemberdayaan yang sesuai kebutuhan kondisi mereka. Sumber data penelitian ini adalah masyarakat  yang bermukim di lorong sebagai informan sebanyak 20 orang dipilih secara acak sedangkan unsur tokoh masyarakat dipilih sebanyak 5 orang dengan pertimbangan tertentu (purpossive sampel), demikian juga 3 orang  dari unsur Pemerintah Kelurahan Ende Kecamatan Wajo Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia. Hasil kajian diperoleh model pemberdayaan masyarakat lorong dalam penanggulangan kemiskinan perkotaan disimpulkan bahwa perlu dilakukan dengan langkah-langkah  penetapan pengenalan wilayah kerja, sosialisasi kegiatan, penyadaran masyarakat, pengorganisasian masyarakat dan pelaksanaan kegiatan advokasi kebijakan serta politis.

References

Abdur Rohim, 2013. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata. Skripsi. Universitas Islam Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Anthony Bebbington, 2000. Development is More Than Just Growth, Development Outreach, Volume two, number three, Summery.

Anonim, 2006. Rasio Gini Kabupaten Gunung Kidul. Diakses, 7 Agustus 2016.

Anonim, 2015. Kajian Sosial Ekonomi Penduduk Kota Makassar, diterbitkan atas kerjasama Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Bappeda Kota Makassar dengan BPS Kota Makassar.

Chambers, Robert, 1987. Poverty and Livelihoods: Whose Reality Counts?, People: From Impoverishment to Empowerment, New University Press. New York.

Dwi Kurniawati, dkk., 2014. Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Usaha Ekonomi (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto). Jurnal administrasi Publik (JAP) Vol.1 No. 4. P. 9-14.

Faisal, Muhammad, 2012. Etos Kerja dan Modal Sosial Usahawan Lokal dan Pendatang di Ibukota Takalar. Disertasi. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Hamidi, 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Penerbit: Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Pranadji, 2003. Transformasi Kelembagaan Tradisional Untuk Menunjang Ekonomi Kerakyatan di Pedesaan. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian.

Sumodiningrat, Gunawan, 1998. Membangun Perekonomian Rakyat, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sumodiningrat, Gunawan, 1999. Pemberdayaan Masyarakat Dan JPS, PT Gramedia, Jakarta.

Soegijoko dan Kusbiantoro. 1997. Bunga Rampai Perencanaan Pembangunan di Indonesia, Grasindo, Jakarta

Mardikanto, Totok dan Poerwoko Soebianto, 2012. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Published
2018-09-10
Abstract viewed = 404 times