Pemahaman Etika Islam Dan Relevansinya Terhadap Sikap Dan Perilaku Mahasiswa Di Asrama Putri Rusunawa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

  • Khaerunnisa Khaerunnisa Konsentrasi Pemikiran Islam, Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tulisan ini adalah satu kajian ilmiah yang membahas mengenai Pemahaman Etika Islam dan Relevansinya terhadap Sikap dan Perilaku Mahasiswa di Asrama Putri Rusunawa Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar. Tujuan penitian ini; Untuk mengetahui pemahaman etika Islam mahasiswa di Asrama Putri Rusunawa UIN Alauddin Makassar, Untuk mengetahui penerapan etika Islam mahasiswa di Asrama Putri Rusunawa, Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap relevansi pemahaman dan penerapan etika Islam di Asrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan teologi dan pendekatan fenomenologi dengan tujuan untuk mendeskripsikan secara rinci mengenai etika Islam di Asrama Putri Rusunawa. Adapun yang menjadi informan adalah mahasiswa, pihak pengelola dan petugas kebersihan asrama yang dipilih dengan menggunakan Purposive Sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tanpa peran serta, wawancara mendalam, kajian kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, melalui tekhnik analisis kritis terhadap berbagai peristiwa yang terjadi secara sistematis. Hasil penelitian Tulisan ini menunjukkan bahwa, Asrama Putri Rusunawa dalam pemberian pembinaan terhadap mahasiswa sesuai visi dan misi serta tata tertip yang telah ditetapkan dianggap belum berhasil. Faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut yaitu; kurangnya kedisiplinan mahasiswa untuk besungguh-sunguh menaati peraturan dan tertib yang berlaku secara keseluruhan, kurangnya kejujuran mahasiswa sehingga terjadi kehilangan barang kepemilikan di lingkup asrama, kurangnya kesadaran mahasiswa untuk menjaga kebersihan di lingkup asrama, terjadinya krisis sosial silaturahmi antar sesama penghuni, dan lemahnya kesadaran mahasiswa dalam menjalankan etika Islam secara ideal yang bersifat universal. Implikasi peneletian ini diharapkan: (a) penghuni agar dapat menghadirkan kesadaran yang lebih dalam dan bersunguh-sungguh untuk lebih mengimplementasikan etika Islam terhadap sesama dan lingkungan (b) seluruh pihak terkait dan pengelola agar lebih meningkatkan pengotrolan dan pengawasan untuk mencapai visi dan misi serta tata tertib sesuai dengan tujuan yang ditelah ditentukan untuk mahasiswa di asrama.

References

Abdullah, Muhammad Amin. Filsafat Etika Islam Antara al-Ghazali dan Kant. Bandung: Mizan, 2002.

Abdurrahman, Muhammad. Akhlak: Menjadi Seorang Muslim yang Berakhlak Mulia, Cet. I; Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada, 2016.

Ali, M. Daud. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.

Amin, Ahmad. Etika Ilmu Akhlak, terj. Farid Makruf, Cet. VII, Jakarta: Bulan Bintang, 1998.

Aisyah, Siti . Antara Akhlak Etika dan Moral, Cet I ; Makassar: Alauddin University Press,2014.

Amin, Ahmad. Kitab al-Akhlaq. Mesir: Dar al-Kutub al- Mishriyah.t,t.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Arikunto, Suharsimi . Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek , Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

As Asmaran, Pengantar studi Akhlak. Cet III ; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2002

Bagir, Haidar. Etika Barat, Etika Islam, kata pengantar dalam M. amin Abdullah, Fisafat Etika Islam, Bandung: Mizan 2002.

Bagus, Lorengs. Kamus Filsafat, Cet.III: Jakarta: Gramedia, 2002.

Departemen Pendiidkan Nasiaonal, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Edisi IV Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama : 1990.

Djakfar, Muhammad. Agama Etika dan Ekonomi, Cet. I; Malang: UIN Malang Press, 2007.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama, Cet. XVII ; Jakarta : PT. Bulan Bintang , 2005.

Engineer, Ashar Ali. Islam Masa Kini, Cet:1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Erlina, Dian. Pendidikan Etika Islam dalam Keluarga, Jurnal Pendidikan Islam Ta’dib, (Vol. XII, No. 2, Nopember/2007), Palembang: Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah, h. 178. diakses 27 Juli 2018.

Published
2019-07-12
Abstract viewed = 374 times