The Concept of Child Rearing in the Qur'an

Main Article Content

Sitti Musyahidah
Muhammad Rafiiy Rahim
Mohamad Syafri
Muhammad Arman
Muhammad Patri Arifin

Abstract

This research aims to examine how the Qur'an gives humans an idea of the procedures for educating children according to the classification of the child's condition and growing up period. This research is a library research.  This research is a research of the Qur’an that focuses on a theme, then explicitly the object of the research are the verses on the cultivation of the morals of the child and at the same time the terms of the child in the Qur’an and subsequently the verses along with it.  So the method of this approach used is the approach of interpretation science as one of the parts of several approaches known in religious research. The results of this research show that the nature of child moral development in the Qur'an should be firmly carried out through two stages, namely, first, the moral development of children in the womb. The second, the cultivation of the child's moral after birth, is a continuation of the child's moral coaching in the womb.


الملخص


تهدف هذه الدراسة إلى فحص كيفية قيام القرآن بتقديم لمحة عامة للإنسان عن إجراءات تعليم الأطفال حسب تصنيف حالة الطفل وفترة نموه وتطوره. هذا البحث هو بحث مكتبة. هذا البحث عبارة عن دراسة للقرآن تركز على موضوع معين ، ثم صراحة موضوع البحث آيات عن غرس أخلاق الأبناء ومصطلح طفل في القرآن ثم الآيات المصاحبة له. لذا فإن طريقة المنهج المستخدمة هي منهج علم التفسير كجزء من عدة مناهج معروفة في البحث الديني. تشير نتائج هذه الدراسة إلى أن طبيعة تنمية أخلاق الأطفال في القرآن يجب أن تتم بشكل صارم من خلال مرحلتين ، أولًا ، تنمية أخلاق الأطفال من الرحم. ثانيًا ، النمو الأخلاقي للأطفال بعد الولادة هو استمرار للنمو الأخلاقي للأطفال من الرحم


الكلمات المفتاحية: أخلاق; أطفال; تربية; تفسي


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Al-Qur'an memberikan gambaran kepada manusia tentang tata cara mendidik anak menurut klasifikasi kondisi anak dan masa tumbuh kembangnya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian Al-Qur'an yang berfokus pada suatu tema, kemudian secara eksplisit objek penelitiannya adalah ayat-ayat tentang penanaman akhlak anak sekaligus istilah anak dalam Al-Qur'an dan selanjutnya ayat-ayat yang menyertainya. Maka metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ilmu tafsir sebagai salah satu bagian dari beberapa pendekatan yang dikenal dalam penelitian agama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fitrah pembinaan akhlak anak dalam al-Qur'an harus tegas dilakukan melalui dua tahapan, yaitu pertama, pembinaan akhlak anak sejak dalam kandungan. Kedua, pembinaan akhlak anak setelah lahir, merupakan kelanjutan dari pembinaan akhlak anak sejak dalam kandungan.


Kata Kunci : Akhlak; Anak; Pengasuhan; Tafsir

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Musyahidah, S., Rahim, M. R., Syafri, M., Arman, M., & Arifin, M. P. (2022). The Concept of Child Rearing in the Qur’an. Jurnal Adabiyah, 22(2), 295-314. https://doi.org/10.24252/jad.v22i2a7
Section
Artikel

References

‘Abbas ‘Aud- Allah’ Abbas, Muhadarat Fi’al-Tafsir al-Maudhui, (Cet.I; Damsyiq: Dar al-Fikr,1428 H/2007M),
al-Asqalani, Hafidz Bin Hajar, Bulug al- Maram, (Bandung: al-Ma’arif, tt),
al-Farmawi, Abu al-Hay, al-Bibayat fi Tafsir al-Maudhu’i (Mesir: Maktabat al-Jumhuriyat, 1977),
al-Farmawiy, Abd. Hayy, al-Bidāyah fi Tafsīr al-Maudu‘iyah, diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia oleh Surya A. Jumrah Metode Tafsir Maudhū’iy Suatu Pengantar ( Jakarta: PT, Raja GrafindoPersada , 1996),
al-Mausu’ah al-Hadis al-Syarif, Al-Bukhari kitab al- Adab. Hadis no. 5649, Muslim, kitab al-Bir wa al-silah hadis no. 4724).
Al-Mughirah, Al-Imam Abi Abdillah Muhammad Ibn Ismail Ibn Ibrahim Ibn, (Shahih Bukhari), Juz II, (Baeirut : Darul Kuttab, t.th,),
al-Qussy, Abdul Aziz, Usus al-Sihah al-Nafsiyah, diterjemahkan oleh Dr. Zakiyah Darajat dengan judul: Pokok-pokok Kesehatan Jiwa/Mental, (Jakarta : Bulan Bintang,1974),
Baidan Nashruddin, Metode Penafsiran al-Qur’an Kajian terhadap ayat-ayat yang Beredaksi Mirip, Cet.I (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002),
Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahannya (Jakarta: Darus Sunnah, 2005),
Hamdani, Metodologi Nubuwah dalam Pendidikan Psikoterapi Ilahiyah, Metodologi Psikologi Islami, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2000),
Hasan,Adnan. Shahih Baharis\, Mas’uliyah Li ab al-Muslim fiy Tarbiyah al-walad fiy Marhalat al-Thifulah, diterjemahkan oleh Drs. Sihabuddin, dengan judul Tanggung Jawab Ayah Terhadap Anak-laki-laki, (Jakarta : Gema Insani Press, 1996),
Hery Nor Aly, h. 8, Lihat pula, Ahmad Tafsir, Ilmu pendidikan dalam Perspektif Islam, Cet. IV(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005),
Hery Nor Aly, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II. (Jakarta: PT Logos wacana Ilmu, 1999),
Ibnu Miskawaih, Tahzib al-Akhlaq. Diterjemahkan oleh Helmi Hidayat dengan judul Menuju Kesempurnaan Akhlak, (Bandung: Mizan, 1995)
Langgulung, Hasan. Pendidikan dan Peradaban Islam, (Jakarta: Pustaka al-Husna, 1991),
Mansur, Mendidik Anak sejak dalam Kandungan, Cet.II, (Yogyakarta : Mitra Pustaka, 2005),
Marwati, M. (2015). Pemberdayaan Perempuan (Kajian Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Nisa Ayat 1). Jurnal Adabiyah, 15(2), 102-113. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/696
Mazheruddin Shiddiqi, Women in Moslem, (New Delhi:Adam Publishers dan Distributors, t.th.),
Miswar, A. (2015). Tafsir Al-Qur’an Al-Majid“Al-Nur” Karya T.M.Hasbi Ash- Shiddieqy (Corak Tafsir berdasarkan Perkembangan Kebudayaan Islam Nusantara). Jurnal Adabiyah, 15(1), 83-91. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/693
Muhammad, Abi Isa bin Sawrah, al-Turmiz\i wa huwa al-Jami’ al-Sah{ih, Jilid III, (Semarang : Maktabah wa Matba’ah Toha Putara,[t.th]),
Nandika, Dodi. Pendidikan Gelombang Perubahan, Cet, I (Jakarta: LP3S, 2007),
Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Cet. II (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001),
Purtowisastra, Koeratoer. Dinamika Psikologi Sosial, (Jakarta: Airlangga, 1983),
Salim, Abd Muin, Metodologi Tafsir Sebuah Rekonstruksi Epistimologis: Memantapkan Keberadaan Ilmu Tafsir Sebagai Disiplin ilmu. (Ujungpandang: IAIN Alauddin Makassar (Orasi Pengukuhan Guru Besar), 28 April 1999),
-----------, Fiqh Siyasah Konsepsi Kekuasaan Polotik dalam al-Qur’an, Cet.II (Jakarta: Raja Grafindo, 1994),
-----------, Metode Tafsir; Sebuah Rekonstruksi Epistimologi, Memanfaatkan Keberadaan Ilmu Tafsir , Pengukuhan Curu Besar tgl 28 April 1999,
Shihab M. Quraisy, Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat (Cet. I: Bandung: Penerbit Mizan, 1992),
-----------.et.al; Sejarah dan Ulum al-Qur’an (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001),
Sulaiman, Abu Dawud bin al-Asy’ata al-Sijistani, Sunan Abu Dawud, Jilid I,(Baerut : Darul Fikr, [t.th],
Sunantri, S., Abubakar, A., Nawas, K. A., & Firdaus, F. (2020). METHODOLOGY OF INTERPRETATION OF MUHAMMAD AMIN AL-SYINQITI. Jurnal Adabiyah, 20(2), 300-319. https://doi.org/10.24252/jad.v20i2a5
Wahjoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren, Pendidikan Alternatif Masa Depan, (Jakarta: Gema Insani Press, 1997),
Yahya, Harun. High-Risk Newbon - The Benefits of Mother’s Own Milk, (University of Utah Health Scinces Center, t.th,).