The Factors Influencing The Student’s Motivation To Use Foreign Language (In Use English And Arabic)

Main Article Content

Nurasia Natsir

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi  motivasi siswa yang bersekolah di dalam Asrama/ Pondok Pesantren di Makassar dalam penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Tujuan dalam  penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui dan menginvestigasi faktor yang memengaruhi motivasi siswa dalam menggunakan dua bahasa tersebut dengan berfokus pada faktor intrinsik dan ekstrinsik. Metode yang digunakan adalah deskripsi. Populasi diambil dari beberapa siswa Pondok Pesantren yang terdapat di Makassar seperti Pondok Pesantren Annahdlah, Pondok Pesantren Madina and Pondok Pesantren Ummul Mukminin. Pada pengumpulan data, penulis menggunakan questionnaire yang dihitung menggunakan skala Likert. Penulis juga menggunakan statistic Descriptif yang berdasarkan pada pendekatan Jerremy Harmer dan teori Moslow’s dalam menganalisa data yang diperoleh. Penelitian ini menemukan bahwa adanya dua faktor yang memengaruhi motivasi seorang siswa saat mereka menggunakan dua bahasa yang mereka sudah ketahui, yaitu: faktor intrinsik and ektrinsik. Faktor  intrinsik dalam menggunakan dua bahasa ada empat yaitu; kondisi fisik, metode, guru, dan  kesusksesan. Sementara faktor Ektrinsiknya ada empat yaitu integratif, instrumental, hukuman, dan juga faktor orang tua. Hasil dari keseluruhan analisa pada penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Ekstrinsik lebih besar memengaruhi motivasi siswa di Pondok Pesantren dari pada faktor Intrinsik. Implikasi pada penelitian ini agar supaya bisa memberikan deskripsi atau gambaran yang lebih banyak kepada para pembaca khususnya kepada Mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris/Arab tentang Faktor yang dapat memengaruhi motivasi siswa dalam menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab yang sudah mereka ketahui dan bagaimana mereka mampu mengambil pelajaran untuk meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik dari diri mereka sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Natsir, N. (2015). The Factors Influencing The Student’s Motivation To Use Foreign Language (In Use English And Arabic). Jurnal Adabiyah, 14(1), 104-114. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/399
Section
Artikel

References

B. Hamza, 2006. Teori Mmotivasi dan Pengukurannya. PT. Bumi Aksara Jakarta.

Brown. H Douglas. 2000. Teaching by Principle An Interactive Approach to languange pedagogy. Longman: San francisco State University.

Fishman, Mackey. 1985. Bilingual Usuagein Paraguay, (A, chaedal awasillah. Sosiologi bahasa).

Field Jhon. 2004. Psycholinguistics The Keys Concepts. Routledge. London.

Gardener,R.C., Lambert,W.E. (1972). Attitude and Motivation in Second Language learning. Rowley. MA: Newbury house.

Gassing, qodir dan Wahyudin Halim. 2009. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Alauddin press Makassar.

Gonzales M. Jo sue, eds. 2008. Encyclopedia of Bilingual Education. Sage Publication Press: London.

Gumper,J.J. The Sosiolinguistic Significance of Conversational Code Switching, (REIC. Journal,1977).

Harmer, Jeremy. (1991). The Practice of English Language Teaching. Longman : London and New York.

¬¬¬¬¬¬¬¬Harmer, Jeremy. (2001). The Practice of English Language Teaching (third edision). Longman : London and New York.

Hudson, R A. Sosiolinguistic. 1987. Cambridge University Press. London new York New rochelle Melborne sydney.

Kausler, D. 1990. Motivation, Human Again and Cogitative of Performance. New York: Academic Press.

Kridalaksana. 1984. Sosiolinguistic. Jakarta

Lewis E Glyn. Bilingualism and Bilingual Education. Pergamon press Ltd., Headington Hill Hall, Oxford OX3 OBW, England.

Trudgill, Peter. 1983. Sosiolinguistic: An Introduction to Languange and Sosiety, (Great Britain: Penguin Book)