Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran two stay two stray (TS-TS) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan matematis-logis siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar terdiri dari 13 kelas, yang berjumlah 513 siswa. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling, kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 siswa dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dan angket kecerdasan matematis-logis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji anova dua jalur. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran two stay two stray berada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 65% dan kecerdasan matematis-logis siswa yang menerapkan model two stay two stray berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 77,5%. Berdasarkan analisis statistik inferensial menggunakan uji anova dua jalur diperoleh hasil bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan matematis-logis siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar.
Downloads
References
Afif, A. (2004). Psikologi Guru. Makassar: Alauddin University Press.
Anto, M. I., Ismail, M. I., & Rahman, U. (2015). Pengaruh Kecerdasan Matematik Logis dan Kecerdasan Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal MAPAN: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 191.
Budiyono, Z., & Sujadi, I. (2014). Ekspermentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dan Number Head Together Pada Materi Pokok Fungsi Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 128.
Ghufron, M. N., & Rini, R. (2014). Gaya Bahasa Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigma. Malang: Pustaka Pelajar.
Khuzaini, N. (2009). Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pokok Bahasan Trigonometri Siswa Kelas Xb MAN Godean Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.
Nurhidayat A, M. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Pada Mts. As’adiyah Kampiri Kab. Wajo.
Prasetyo, Reza, J., & Andriani, Y. (2009). Multiply Your Multiple Intelligences. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahman, U. (2014). Memahami Psikologi dalam Pendidikan Teori dan Aplikasi. Makassar: Alauddin University Press.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tunggu, B., Riyadi, & Sujadi, I. (n.d.). Eksperimentasi Model pada Materi Logaritma Ditinjau dari Kecerdasan Matematis Logis Siswa Kelas X pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 690–699.
Yaumi, M., & Nurdin, I. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intellegence) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multi talenta Anak. Jakarta: Prenada Media Group.