Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

  • Andi Muhammad Safri Nurhamza
  • Sri Sulasteri
  • A. Sriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran VAK mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar yang diajar menggunakan pembelajaran langsung, dan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran VAK terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dan menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemecahan masalah matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model VAK lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dedeh Fatimah. Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembeelajaran VAK terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa SMP. Jurnal. Unpas. 2017.

De Porter, Bobbi dan Mike Hemacki. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa. 1999

Depdiknas. Model Penilaian Kelas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BP Dharma Bakti. 2006

Dr. Rusman, M.Pd. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. 2013.

Joula, E.P. Agar Anak Pintar Matematika. Jakarta: Puspaswara.1998

Mudyhardjo, Redja. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia ed.1.Cet.IX. Jakarta: Rajawali Pers. 2014.

Nurella, Andea dkk. Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditorial, dan kinestetik untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar, Jurnal. Sumedang. 2016

Russel, Lou. The Accelereted Learning Fieldbook: Panduan Pembelajaran Cepat, diterjemahkan oleh M.Irfan Zakkie. Bandung: Nusa Media. 2011.

Sobel dan Maletsky. Mengajar Matematika: Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas, dan Strategi. Jakarta: Gramedia. 2004

Sudjana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2004

Tambychik, Tarzimah, dan Thamby Subahan Mohd Merah. Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they Say? Journal, Procedia Social and Behavioral Sciences. 2010.

Published
2019-04-29
How to Cite
Nurhamza, Andi Muhammad Safri, Sri Sulasteri, and A. Sriyanti. 2019. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Alauddin Journal of Mathematics Education 1 (1), 42-48. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i1.10933.
Section
Vol. 1 No. 1
Abstract viewed = 494 times