Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Gaya Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTs

  • Sri Ramdani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nursalam Nursalam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mardiah Mardiah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nidya Nina Ichiana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Munawarah Munawarah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah agar mengetahui korelasi antara persepsi peserta didik terhadap gaya mengajar guru dengan prestasi belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Ex post facto. Populasinya berjumlah 65 orang yang merupakan seluruh peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Takwa Kabupaten Gowa. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa skala persepsi peserta didik tentang gaya mengajar guru dan dokumentasi prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis data statistik deskriptif pada persepsi peserta didik memperoleh nilai rata-rata 91. Gaya mengajar yang cenderung dilakukan oleh gurunya adalah gaya mengajar klasik dengan persentase 55,4%. Untuk prestasi belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 78 berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik tentang gaya mengajar guru dengan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Takwa Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsan, M., Hidayat, M. Y., & Taufiq, A. U. (2017). Hubungan Gaya Mengajar Guru Fisika dengan Hasil Belajar Fisika MTs Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ auladuna.v4i1a2.201 7.

Ahmadi. (2017). Pengaruh Persepsi Peserta didik tentang Guru dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X MIA MAN Wajo. UIN Alauddin Makassar.

Azka, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dan Persepsi Peserta didik terhadap Gaya Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(1), 23–31.

Cahyani, Y., Rasyid, M. R., Nur, F., & Sulasteri, S. (2019). Efektivitas Media Blok Pecahan dan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Operasi Pecahan Peserta didik. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(2), 108–113.

Ernita, T., Fatimah, & Adawiah, R. (2016). Hubungan Cara Belajar dengan Prestasi Belajar Peserta didik dalam Mata Pelajaran PKN pada Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 971–979.

Etika, S., Dariyo, A., & Zahra, R. P. (2017). Persepsi Gaya Mengajar Guru dan Prestasi Belajar Matematika pada Murid SD di Jakarta. Journal An-Nafs, 2(2), 169–186. https://doi.org/10.33367/psi.v2i2.436.

Humaira, M., Zulfikar, T., & Amiruddin. (2018). Thestudents’ Perception On Teachers’ Teaching Style At SMAN 03 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Peserta didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153–164. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454.

Rahmat, H., & Jannatin, M. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar

Santoso, S. H. B. (2017). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Peserta didik Kelas XI di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 40–45.

Septiana, A. (2016). Hubungan Gaya Belajar dan Persepsi Peserta didik Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo, 3(3), 260–270.

Setianingrum, D. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Ipa di MI Ma’arif NU Sanguwatang Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Peserta didik. (2020). Wawancara Awal.

Sugiyono. (2008). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang Prestasi Belajar Peserta didik dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Triumiana, D. A., & Sumadi. (2016). Hubungan Antara Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Peserta didik Dan Kreativitas Belajar Peserta didik Dengan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 3(2), 56–64.

Tulqubra, W. S. K., Sudia, M., & Jazuli, L. O. A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar dan Persepsi Peserta didik Mengenai Variasi Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(3), 113–126.

Published
2021-05-30
How to Cite
Ramdani, Sri, Nursalam Nursalam, Mardiah Mardiah, Nidya Nina Ichiana, and Munawarah Munawarah. 2021. “Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Gaya Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTs”. Alauddin Journal of Mathematics Education 3 (1), 86-96. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i1.20126.
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 340 times