Pengaruh Kemandirian Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

  • Safniyati Ina Ola
  • Ridwan Idris
  • Baharuddin Baharuddin

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Gowa dengan jumlah 245 siswa sedangkan sampelnya adalah 15% dari seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Gowa sebanyak 40 siswa yang diambil melalui teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk kemandirian belajar diperoleh nilai rata-rata 56,40 berada pada kategori sedang dari 40 sampel diperoleh nilai terendah 40, nilai tertinggi 70, untuk gaya belajar diperoleh nilai rata-rata 51,05 berada pada kategori sedang dari 40 sampel diperoleh nilai terendah 30, nilai tertinggi 63, dan untuk prestasi belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 77,62 berada pada kategori sedang dari 40 sampel diperoleh nilai terendah 75, nilai tertinggi 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar dan gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48–49.

Ghufron, N., & Risnawati, R. (2012). Gaya Belajar. Celeben Timur: Pustaka Pelajar.

Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mustamin, H., & Sulasteri, S. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Aluddin Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 1(1).

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Celeban Timur: Pustaka Pelajar.

Qodriyah, A. (2011). Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV MI Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Ngaliyan Semarang. Institut Agama Islam Walisongo Semarang.

Rusmiyati, F. (2017). No Title. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 82.

Sagitasari, D. A. (2010). Hubungan Antara Kreativitas dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, N. (2003). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Kompetensi dan Praktik (Cet. VII). Jakarta: Bumi Aksara.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Published
2019-04-29
How to Cite
Ola, Safniyati Ina, Ridwan Idris, and Baharuddin Baharuddin. 2019. “Pengaruh Kemandirian Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa”. Alauddin Journal of Mathematics Education 1 (1), 49-56. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i1.10934.
Section
Vol. 1 No. 1
Abstract viewed = 1678 times