Analisis Kualitas Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2017 Berdasarkan Pendekatan Saintifik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks matematika berdasarkan indikator dalam pendekatan saintifik. Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan jenis penelitian ini. Data dalam penelitian ini adalah data kesesuaian buku siswa matematika SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 berdasarkan pendekatan saintifik terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan teknik analisis data yang digunakan analisis data deskriptif. Prosedur dalam penelitian ini terdiri 3 tahapan, yaitu: (1) persiapan (2) pelaksanaan, dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas buku teks matematika tersebut pada setiap bab yaitu pada Bab I sebanyak 40%, Bab II sebanyak 93%, Bab III sebanyak 95%, Bab IV sebanyak 100%, dan Bab V sebanyak 100%. Sedangkan untuk jumlah keseluruhan Bab didapatkan jumlah persentase kualitas buku teks berdasarkan pendekatan saintifik sebanyak 91%. Dapat disimpulkan bahwa kualitas buku teks matematika SMP kelas VIII kurikulum 2013 berdasarkan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori sangat baik dengan diterapkannya indikator-indikator dalam pendekatan saintifik.Downloads
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.)). CV Jejak.
Arjudin. (2013). Kajian Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. 95–102.
Darmaningtyas. (2015). Pendidikan Yang Memiskinkan. Intrans Publishing.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Fajriatin, A. (2016). Analisis Buku Matematika Kelas IX Kurikulum 2013 Betdasarkan Kesesuainnya Dengan Materi Matematika Menurut Kriteria Bell Dan Pendekatan Saintifik. Universitas Jember.
Ikhwandi, Dafik, & Suciati. (2015). Telaah Kesesuaian Buku Guru Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Berdasarkan Pendekatan Saintifik. Pancaran, 4(1), 117–128.
Masduqi, A. F., Izzati, M., & Prihastanti, E. (2014). Efek Metode Pengeringan Terhadap Kandungan Bahan Kimia Dalam Rumput Laut Sargassumpolycystum. Anatomi Fisiologi, 1(22), 1–9. https://doi.org/10.14710/baf.v22i1.7804
Mesa, V., & Griffiths, B. (2012). Textbook Mediation of Teaching: An Example From Tertiary Mathematics Instructors. Educational Studies in Mathematics, 1(79), 85–107.
Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik (Issue 1). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Nuralam, N., & Eliyana, E. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di SMAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 64. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3085
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.
Risminawati, F. P. (2017). Analisis Isi Buku Matematika Siswa SMP Kelas VIII Semester Ganjil Berdasarkan Rumusan Kurikulum 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tarigan, D., & Tarigan, H. G. (1986). Keterbatasan buku Teks, Hubungannya Dengan Kurikulum Dan Dasar-Dasar Penggunaannya. Universitas Terbuka.
Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Wina, S. (2013). Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group.