Peranan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Menjaga Keseimbangan Alam (Cerminan Masyarakat Adat Ammatoa di Kajang)

  • Nurlidiawati Nurlidiawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ramadayanti Ramadayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peranan kearifan lokal (local wisdom) dalam menjaga keseimbangan alam (cerminan masyarakat adat Ammatoa Kajang). Terjadi kerusakan di mana-mana akibat tangan-tangan dan perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab. Hal tersebut disampaikan oleh Allah Swt. melalui ayat-ayat Alquran, ditambah dengan munculnya sebuah periode yang dikenal dengan globalisasi dan modernisasi. Kondisi ini membuat manusia tidak lagi memikirkan keselamatan dan keseimbangan alam sekitarnya. Namun berbeda dengan beberapa komunitas di wilayah-wilayah tertentu di Indonesia, salah satunya adalah komuitas masyarakat adat Ammatoa Kajang yang sampai hari ini tetap melestarikan dan menjaga keseimbangan alam di kawasan adat Ammato. Terdapat tiga masalah sebagai fokus kajian utama yakni bagaimana hubungan kearifan lokal dengan pelestarian lingkungan, bagaimana bentuk-bentuk kearifan lokal masyarakat adat Ammatoa, dan bagaimana perilaku masyarakat adat Ammatoa terhadap lingkungan alam sekitarnya. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara kearifan lokal dengan pelestarian lingkungan, untuk mengetahui bentuk-bentuk kearifan lokal masyarakat adat Ammatoa, serta mengetahui dan menganalisis perilaku masyarakat adat Ammatoa terhadap lingkungan alam sekitarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Agama Republik Indonesi, Alquran dan Terjemahnya, 2012.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat, PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta, 2014, h. 1340.

https://klikhijau.com/read/kearifan-lokal-suku-kajang-dalam-melestarikan-hutan/diunduh

/06/2020 https://klikhijau.com/read/kearifan-lokal-suku-kajang-dalam-melestarikan-hutan/diunduh 03/06/2020.

Jurnal Antropolgi Indonesia, Pawennari Hijjang, Pasang dan Kepemimpinan Ammatoa: Memahami Kembali Sistem Kepemimpinan Tradisional Masyarakat Adat dalam Pengelolaan Sumberdaya Hutan di Kajang Sulawesi Selatan, Vol. 29, No. 3 (2005).

Jurnal Geografi, Vol. 4, No. 1 Afril 2016, ISSN 1907-302, Erni Mulyanie, Galunggung Tasikmalaya Sebagai Fungsi pelestarian Lingkungan Hidup

Jurnal Maghza Vol. 2 No. 2 Juli-Desember 2017, Bani Syarif Maula, Wawasan Alquran

Tentang Konservasi Alam

Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi. Cet. III; Jakarta: Aksara Baru. 1981.

Mohammad Noor Syam, Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Cet. III; Surabaya: Usaha Nasional. 1986.

Prosiding, Nurhidayah Rusli & Indah Evatul Djannah, 2019, Pola Gaya Bahasa dan Kearifan Lokal dalam Pelestarian Budaya Serta Adat Istiadat Masyarkat Ammatoa Suku Kajang Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan.

Published
2021-06-30
How to Cite
Nurlidiawati, N., & Ramadayanti, R. (2021). Peranan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Menjaga Keseimbangan Alam (Cerminan Masyarakat Adat Ammatoa di Kajang). Al-Hikmah, 23(1), 40-53. https://doi.org/10.24252/al-hikmah.v23i1.21726
Section
Artikel
Abstract viewed = 789 times