Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ludo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Animalia Kelas X SMAN 8 Luwu Timur
Abstract
The use of media in learning is very important to improve student learning outcomes. One of the widely used media is game media. This research is a quasi experiment with a non-equivalent control group design. The research objective was to determine the effect of ludo game media on the learning outcomes of class X students of SMAN 8 Luwu Timur. The research was conducted in two classes, X IPA 3 as the experimental class and X IPA 2 as the control class with 18 students each. The research sample was selected by purposive sampling technique. Data was collected through a multiple-choice test with 25 multiple-choice questions. The results of the study were analyzed descriptively and inferentially using the t test. The results showed that the average learning result of the experimental class was 83.11, much higher than that of the control class, which was 60.00. The significance value of the t test shows a value of 0.000 <0.05 (sig @). So it can be concluded that the application of ludo game media has an effect on student learning outcomes in animalia material for class X IPA SMAN 8 Luwu Timur.
Downloads
References
Asmarnis, N.Y & Rosa, M. (2016). Media dan Efektivitas Belajar Siswa untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berdaya Saing Tinggi. Jurnal Zarah, 4(1). https://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/download/171/161.
Fadillah, A.R & Iswendi. (2019) . Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Ludo Kimia Berbasis Chemo Edutainment Pada Materi Struktur Atom terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Padang. Edukimia Journal, 1(3). https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i3.a76.
Hasanah, U., Rica, W & Metty, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/download/5334/2310.
Ilyasa, R.A. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.
Indriani, S.D. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Permainan Ludo Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Magelang). Skripsi. https://eprintslib.ummgl.ac.id.
Iqra, M. (2020). Pengaruh Penerapan Media Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas V SD Negeri 2 Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id.
Jannah, M.M & Yusman, W. (2018). Pengembangan Media pembelajaran Permainan Ludo Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Dan Minat Belajar Fisika Peserta Didik SMA, Jurnal Pendidikan Fisika, 7(3).
Maria, S., Dwi, F.S & Eti, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA), 4(1). https://journal.ikippgriptk.ac.id.
Magdalena, I., et al. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri Bunder III. BINTANG: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.
Mahmud, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Mantel Sang Ahli. Jurnal Saintifik, 2 (1). https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i1.94.
Nabilla, U., Maghfi & Suyadi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak melalui Media Papan Pintar. SELLING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2). https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1). https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3ni.171.
Polona, J & Vlasta, H. (2018). Teaching Social Studies With Games. International Journal of Game-Based Learning, 8(2). https://www.igi-global.com/journals/.
Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pintar Indonesia pada Muatan IPS Materi Rumah Adat Kelas IV SDN Karangayu 03 Semarang. Skripsi. Semarang: Fak. Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id.
Rahmawati, I & Rissalatul, I. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian HP OPPO. Jurnal Ilmiah Hospitality 103, 10(1). https://stp-mataram.e-journal.id/JIH/article/download/728/594/.
Sadiman, A.S., Rahardjo, H., Haryono, A & Rahardjito, D. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Depok: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan Cet, VI; Jakarta: Kencana.
Setiawati, T., Oyon, H.P & Momoh, H. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13176.
Setyaningsih, M.D & Dewi, N.R. (2015). Pengembangan Media Papan Permainan Berbasis Scince-Edutainment Tema Makanan Untuk Siswa Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 4(3). https://doi.org/10.15294/usej.v4i3.8842.
Sulis, A., Musnar, I.D & Putri, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.6.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://journal.univetbantara.ac.id.
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra’, 5(2). https://jurnal.umpar.ac.id.
Yanida, F & Iswendi. (2018). Efektivitas Media Permainan Ludo Berbasis Chemo Edutaiment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X Sman 5 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. MENARA: Ilmu, 12 (12). https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/download/1085/938.
Zaki, A & Diyan, Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2). https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar.
Copyright (c) 2022 Arvia Larasati, Muh. Rapi, Dahlia Patiung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.