Pengembangan Media Pembelajaran Redubi (Rubik Edukasi Biologi) Berbantuan E-Modul Pada Materi Invertebrata

  • Nurirdasari Nurirdasari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Khalifah Mustami Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Zulkarnaim Zulkarnaim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: e-modules, learning media, rubik, redubi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media
pembelajaran Redubi (Rubik Edukasi Biologi) berbantuan E-Modul pada materi invertebrata kelas X di
SMAN 2 Gowa. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D) yang merujuk
pada model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu tahap analisis (analyze), desain (design),
pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Subjek dalam penelitian
ini yakni peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 2 Gowa. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar
karakteristik, RPP, angket respon peserta didik dan pendidik, lembar observasi serta soal tes hasil
belajar. Analisis data berupa analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa karakteristik media Redubi berbantuan E-Modul yaitu memiliki 8 kotak kubus yang
sama besar dan memiliki beberapa variasi warna, kevalidan media yang dikembangkan berada pada
kategori sangat valid (3,6) dan E-Modul berada pada kategori sangat valid (3,7), media sangat praktis
(87,5%) dan efektif digunakan karena 100% peserta didik memperoleh nilai tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2017). Pembelajaran Langsung dengan Menggunakan Media Flash untuk Siswa SMP. Justindo, Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia, 2(1), 51–57. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JUSTINDO/article/view/1040

Ahadiah, R. E. I., & Tjahyaningtyas, Rr. H. P. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3), 1005–1012 https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/17/article/view/17106

Aminudin. (2014). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Munzir, 7(2), 13–28. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-munzir/article/view/276

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/1.03108

Atirah, Taufiq, A. U., & Ismail, W. (2022). Media Augmented Reality Berbasis Android Pada Materi Sistem Pencernaan untuk Kelas XI SMA/MA. Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 82–90. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/23354

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif Di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2356

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2016). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 2(2), 1–11. http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/article/view/1167

Damayanti, P. A., & Qohar, Abd. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814

Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Fitria, A. D., Mustami, Muh. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X Di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5176

Gustiani, R., & Syamsurizal, S. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7242–7246. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2082

Hartanto, S. (2020). Mobalean Maning (Model Pembelajaran Berbasis Lean Manufacturing. Yogyakarta: Deepublish.

Haryanti, A. S. (2018). Penggunaan Media Gambar dan Media Radio pada Pembelajaran Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Tunas Harapan Balaraja-Tangerang. Jurnal Kredo, 1(2), 14–25. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2108

Hasan, M., Khasanah, B. A., Patriyani, R. E. H., Nahriana, Hidayati, H. T., Ridha, Z., … Mulati, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Hernawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60

Hidayah, N., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis Validitas Pengembangan Media Puzzle Berbasis Puzzlemake A match pada Sub Pokok Bahasan Sel. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 575–580. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21110

Khayati, C. I., & Sasanti, N. S. (2019). Pengembangan Media “Takuri” Terhadap Pembelajaran Kata Benda dan Pola Kalimat Bahasa Jepang Buku Sakura Jilid I Bab 2-5 Kelas X SMK PGRI 13 Surabaya. Hikari, 3(1), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/kejepangan-unesa/article/view/26904

Lailiyah, N., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash untuk Pembelajaran Keterampilan Menuliskan Kembali Cerita Siswa Kelas IV SD. JPGSD, 6(7), 1150–1159. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/23963

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Serang: 3M Media Karya.

Marhaeni, Nurmiati, & Ekaningtiyas, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Biologi Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII. Kontruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1842

Maslifah, M., & Wahyuningsih, U. (2020). Penerapan Media Video Pembelajaran Kompetensi Dasar Membuat Pola Blus Sesuai Desain. Jurnal Tata Busana, 9(2), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/20/article/view/32700

Matnuh, H. (2017). Perlindungan Hukum Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 46–50. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/4270

Mustami, M. K. (2016). Profil Guru/Dosen dan Tantangannya dalam Era Pengetahuan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n2a3

Mustami, M. K., Suyuti, M., & Maryam. (2017). Validitas, Kepraktisan dan Efektivitas Perangkat Pembelajaran Biologi Integrasi Spiritual Islam. Al-Qalam, 23(1), 70–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31969/alq.v23i1.392

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174–183. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/8525

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Nasution, S. H., Anwar, L., Sudirman, & Susiswo. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa pada Topik Dimensi Tiga Kelas X. JURNAL KIP, 4(2), 903–913. http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/66

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK. Informatika, 8(1), 36–44. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532

Nurfadhillah, S., Mitami, Khoirunnisa, T. N., Oetami, R. N., Ramadhan, M. I., & Pratiwi, D. (2021). Pengembangan Media Visual untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Daan Mogot 1 Kota Tangerang. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 303–312. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1356

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan , 8(1), 19–35. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar. Depok: Kencana.

Prusdianto, Hamrin, & Faisal. (2019). Perancangan Perangkat Pembelajaran Drama Radio/Televisi Berbasis Cerita Rakyat Sulawesi Selatan. Jurnal Imajinasi, 3(2), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/i.v3i2.10390

Putra, J. E. (2010). Buku Rubik Pintar. Yogyakarta: Gradien Mediatama.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK Di Jakarta Selatan. Research and Development Journal Of Education, 5(1), 95–113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391

Razad, Muh. M., Suharti, & Rahman, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berkema (Bermain Kematematikaan) Berbantuan Construct 2 Kelas X MAN Jeneponto. (JPMI) Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 659–668. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/10698

Resmiana, L. D., Siswanto, J., & Tsalatsa, A. N. (2019). Media Rubik Pada Pembelajaran IPA pada Penerapan Model Think Pair Share. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 138–144. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17392

Sari, D. I. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Menggunakan Media Pohon Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas V SD Negeri Pejagan 5 Bangkalan. Jurnal Edutama, 3(1), 11–20. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/27

Setiawati, E., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 47–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/522

Wahyuni, E. S., & Yokhebed. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran yang Digunakan Guru Biologi SMA Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105

Widodo, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 154–160. https://eric.ed.gov/?id=EJ1165728

Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga. Jurnal Gammath, 3(1), 49–57. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/jpm/article/view/1093

Published
2023-12-31
Section
Artikel
Abstract viewed = 103 times