PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS GOOGLE FORM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

  • Umni Alwiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • St. Syamsudduha Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Ali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kognitif berbasis Google Form yang valid, reliabel, daya pembeda yang baik, tingkat kesukaran yang bervariasi (mudah, sedang, dan sukar), dan efektivitas pengecoh yang bekerja pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Takalar. Instrumen penilaian kognitif yang dikembangkan berbentuk pilihan ganda yang terformat dalam Google Form. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan tipe Formative Research yang dikembangkan oleh Tessmer, pengembangan ini terdiri dari 3 tahap yaitu Preliminary, Self Evaluation dan Prototyping. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh koefisien validitas isi yaitu 1 yang berada pada kriteria tinggi dan 50% dari 30 butir soal dalam kriteria valid. Hasil uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 yang diperoleh adalah 0,70 dengan kriteria tinggi. Daya pembeda sebesar 70% dengan 20% termasuk kriteria cukup, 30% termasuk kriteria baik, dan 20% termasuk kriteria sangat baik. Tingkat kesukaran yang bervariasi yakni mudah, sedang, dan sukar, masing-masing menunjukkan perbandingan 23%:54%:23%. Efektivitas pengecoh yang bekerja dengan baik dengan persentase 80%, yakni 33% termasuk kriteria cukup dan 47% termasuk kriteria efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri & Syahriani. (2018). Pengembangan Tes Sumatif Mata Pelajaran Biologi Semester Ganjil Kelas IX. Jurnal Biotek (Online). Vol. 6, No. 1. https://doi.org/10.24252/jb.v6i1.5072

Arif, W. P. (2017). Pengembangan Tes Kognitif pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Biotek, 5(2), 108-122. https://doi.org/10.24252/jb.v5i2.4283

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Cet.V; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Batubara, H. H. & Ariani, D. N. (2016). Workshop Penggunaan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran pada Dosen-Dosen Fakultas Studi Islam. Jurnal Al-Ikhlas (Online). Vol. 2, No. 1. http://dx.doi.org/10.31602/jpai.v2i1.961

Djenno, M., Insua, G.M. and Pho, A. (2015), "From paper to pixels: using Google Forms for collaboration and assessment", Library Hi Tech News, Vol. 32 No. 4, pp. 9-13. https://doi.org/10.1108/LHTN-12-2014-0105

Hamirul. (2020). Metode Penelitian dalam Kerangka Patologi Birokrasi. Muara Bungo: STIA.

Hidayat. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Makassar: Syahadah.

Iqbal, M., et al. (2018). Using Google Form for Student Worksheet as Learning Media. International Journal of Engineering & Technology (Online). Vol. 7. No 3.4. https://www.sciencepubco.com/index.php/ijet/article/view/20125.

Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib (Online). Vol. 8, No. 2 (http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/411, diakses 19 November 2019).

Kim, D. dan Park, C. (2012). Gender Differences in the Effectiveness of Google Forms in Class. Journal of Instructional Pedagogies (Online). Vol. 7. https://www.aabri.com/manuscripts/111033.pdf, diakses 12 Oktober 2019).

Mardiana, T. & Purnanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. FKIP Universitas Muhammadiyah Magelang (Online). Vol. 2, No. 1 (http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1582, diakses 20 September 2019).

Paidi, Djukri, Yulaikah, S., & Alfindasari, D. (2017). Development of Instrument to Assess Cognitive Process and Product in Biology Senior High School. International Journal of Environmental & Science Education (Online). Vol. 12, No. 8 (http://www.ijese.net/makale/1935.html, diakses 12 Oktober 2019).

Purwati, D. & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan dan sejarah (Online). Vol 4, No.1 https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398, diakses 20 September 2019).

Rahayu, E. E. & Listiyadi, A. (2014). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) pada Materi Mengelola Dokumen Transaksi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) (Online). Vol.2,No.2. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9139, diakses 20 September 2019).

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Rodriguez, E. (2018). Google Forms in Library Instruction: Creating an Active Learning Space and Communicating with Students. Scholarship of Teaching and Learning, Innovative Pedagogy (Online). Vol. 1, No. 7 (https://digitalcommons.humboldt.edu/sotl_ip/vol1/iss1/7/, diakses 12 Oktober 2019).

Rosidin, U. (2017). Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran, Edisi Pertama. Cet. I; Yogyakarta: Media Akademi.

Rosmainar, L. (2017). Analisis Bahan-Bahan Alternatif Pengolahan dalam Pembuatan Kertas. Jurnal Inkofar (Online). Vol. 1, No. 2 (http://www.politeknikmeta.ac.id/meta/ojs/index.php/inkofar/article/view/18, diakses 23 September 2019).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsudduha, S. (2014). Penilaian Berbasis Kelas Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Aynat Publishing.

Taufiq, A. U. (2015). Pengembangan Tes Kognitif Berbasis Revisi Taksonomi Bloom pada Materi Sistem Reproduksi untuk Siswa SMA. Jurnal Biotek (Online). Vol. 3, No. 2 (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/issue/view/183, diakses 22 Juli 2020).

Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. Psychology Press.

Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan (Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan), Edisi Pertama. Cet. I; Jakarta: Prenadamedia Group.

Zulfadli. (2017). Pengembangan Tes Kognitif Berbasis Revisi Taksonomi Bloom pada Materi Struktur dan Fungsi Sel untuk Siswa Kelas XI di SMA Kota Tarakan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (Online). Vol. 3, No. 2 (https://media.neliti.com/media/publications/138644, diakses (Diakses 22 Juli 2020).

Published
2021-01-27
Section
Artikel
Abstract viewed = 805 times