PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATERI SISTEM SARAF DI KELAS XI SMAN 1 WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Abstrak
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli pada materi sistem saraf serta mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Proses pengembangan media mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap kegiatan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Wonomulyo dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi media, angket respon guru dan siswa serta butir-butir tes. Berdasarkan hasil analisis data media pembelajaran permainan monopoli yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,77. Hasil angket respon guru dan respon siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata nilai total 3,62. Sedangkan persentase kelulusan siswa dikategorikan efektif karena mencapai ketuntasan belajar 93,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan monopoli yang dikembangkan menggunakan model ADDIE memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aransa Dea, dkk. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli IPA Tema Organisasi Kehidupan Sebagai Sumber Belajar Untuk Siswa SMP”.Unnes Science Education Journal. Vol 3/No 2.
Azhar Arsyad. (2015). Media Pembelajaran, edisi revisi (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Danim, Sudarwan. (2013). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dina, Oktaviatna dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentu Permainan Monopoli Tumbuhan (Montum) Tentang Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurusan Biologi,
Universitas Negeri Padang. Journal Biosains ISSN : 2354-8371 Vol.1, No.2.
Haviz, M. (2013). Research and Development; Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna.
Lyndall, Bryant dkk. (2014). Can Playing Monopoly™ Enhance Learning For Property Students. Lecturer in Property Economics and PhD Candidate, E: [email protected], Christchurch, New Zealand.
Madeh, Tegeh dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Maya, Siskawati dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. (FKIP Universitas Lampung), h 75. Jurnalstudisosial. Vol. 4, No. 1.
Mustami, Muhammad Khalifah and Dirawan Gufran Darma. (2015). Development of Worksheet Students Oriented Scientific Approach at Subject of Biolog. International Journal Man In India, 95 (4) : 917-925.
Priatama, A.G., Sjaeful, A., dan Hendrawan. (2014). Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Monopoli Asam-Basa. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Kimia.
Rahayu, S. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Konsep Mol Menggunakan Papan Permainan Monopoli Sebagai Pembelajaran Paikem. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 17(5) : 82-88.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Silberman, Malvin L. (2006). Aktive Learning 101 Cara Belajar Aktif. Bandung: Nusa Media.
Supardi, Suparman. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional. t.t.:Esensi. t.th.
Syaiful, Hamzah dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa Pada Topik Dimensi Tiga Kelas X”, (FMIPA Universitas Malang). Jurnal KIP, Vol. 4, No. 2.
Thomas, Bjoerner dan Charina Benedikte. (2011). Designing an Educational Game: Design Principles From A Holistic Perspective. The International Journal of Learning, Aalborg University, Denmark. Vol 17, No. 10.
Widoyoko, S. Eko Putro. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zuhri, Firdaus dkk. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli IPA Materi Sistem Pencernaan Makanan untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang. (Prodi Pendidikan Biologi, Malang, Indonesia). BioEdu, Vol. 1, No. 1.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##