PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KARTU PINTAR BIOLOGI PADA MATERI SEL

  • Tomi Tomi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar
  • Jamilah Jamilah UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • syahriani syahriani UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui bagaimana tahapan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Kartu Pintar Biologi pada materi sel siswa kelas XI MIA MA Madani Alauddin Kabupaten Gowa (2) mengetahui tingkat kepraktisan, tingkat kevalidan, dan juga tingkat keefektifan dari media Pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan Kartu pintar Biologi pada penelitian ini dilaksanakan sampai tahap pengembangan yang didasarkan pada model pengembangan 4-D dari S. Thiagarajan, dkk yang memiliki 4 langkah yang meliputi: pendefinsisan (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate).Berdasarkan analisisis data uji kevalidan, diperoleh nilai rata-rata 3,8. Tingkat keefektifan’ media pembelajaran memiliki nilai rata-rata 84,4%. Kepraktisan media mendapatkan kategori positif dengan nilai rata-rata 3,32. Oleh karena itu maka dapat disimpukan bahwa media pembelajaran kartu pintar biologi memenuhi kategori valid, praktis dan efektif. Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Hasan, I., Susilowibowo, J. (2012). Pengembangan Kartu Pintar Sebagai Media Pembelajaran Materi Pengaruh Transaksi Keuangan terhadap Perubahan Akun-Akun Di SMK Negeri I Nagawi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 1 (1): hal. 7

Mahmud. (2012).Psikologi Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia

Mursalina, Dina. (2014). Keefektifan Kartu Pintar Pengetahuan Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Struktur Bumi. Journal of Elementary Education. Vol 3 (2): hal. 28-32.

Mustami, M. K., & Dirawan, G. (2015). Development of Worksheet Students Oriented Scientific Approach at Subject of Biology. Man In India, 95(4), 917-925

Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Perangkat Pembelajaran. Disertasi: PPs Universitas Negeri Surabaya. Tidak diterbitkan

Nugrahani. R. (2007) Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar, Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan. (Online), Vol. 36 No. 1 (http://Journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/524/481. Diakses 19 November 2019).

Qurniawati, Annik. (2013). Efektifitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbred Head Together (NHT) dengan Media Kertu Pintar dan Kartu Osal Terhadap prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 2 (3) hal. 166-174.

Sadiman, Arif. (2012).Pendidikan Pengertian, Pengembangan, Pemanfaatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitati Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Ulfah, A. R & Yusman W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kartu Pintar Fisika Materi Suhu dan Kalor Untuk Meningkatakan Minat dan Hail Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 06 (03): hal 8

Windaastuti, Erlin Permana. (2014). Pengembangan Media Permainan Kartu Pintar Pada Pembelajaran IPA Mteri Kelompok Tumbuh-tumbuhan di SMP. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. Vol. 02 (02): hal. 300-307

Diterbitkan
2020-08-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 627 times