EFEKTIVITAS METODE FISHBOWL TEKNIK CIRCLE THE SAGE DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi peserta didik yang diajar dengan metode Fishbowl teknik Circle The Sage dan metode diskusi di kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Bone serta apakah hasil belajar biologi peserta didik yang menggunakan metode Fishbowl teknik Circle The Sage lebih efektif dibandingkan menggunakan metode diskusi pada kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Bone. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan the non-equivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Bone tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 216 orang. Sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 5 dengan 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 dengan 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Fishbowl teknik Circle The Sage dan metode diskusi berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata berturut-turut 79 dan 72,33 serta pembelajaran dengan menggunakan metode Fishbowl dengan teknik Circle The Sage lebih efektif digunakan dalam pembelajaran dibandingkan dengan metode diskusi pada materi sistem ekskresi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Agustina, R.L. & Arif, R.M. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Carousel Feedback Dipadukan Metode Fish Bowl. JAMBURA: Elementary Education Journal, 1 (1). https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jeej/article/view/142
Dahar. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Ersanti, K. & Rahman, A. (2017). Implementation Of Fishball Learning Model On Students Of Communication Students On Concept Of Environment Pollution In Class X SMAN 18 Tangerang Regency.
Biodidaktika: Jurna Biologi dan Pembelajarannya, 12 (2): 91-101. http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v12i2.2332
Maria, Y. & Mujiburrahman. (2018). Pengaruh Metode Fish Bowl terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTS Al Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Realita: Jurnal Bimbingan Konseling, 2 (1): 224-238. https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/realita/article/view/747
Nasrawati. (2019). Efektivitas Metode Fishbowl dengan Teknik Circle The Sage Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Pangkep. Skripsi. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Purwati, D. & Nugroho, A.N.P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejaran Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 14 (1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398
Putriyanti, C.C. & Fensi, F. (2017). Penerapan Metode untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Santa Maria Monica, Bekasi Timur. Psibernetika: Program Studi Psikologi Universitas Bunda Mulia, 10 (2): 114-122. https://journal.ubm.ac.id/index.php/psibernetika/article/view/1047
Rangkuti, A.N. (2014). Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika. Darul ‘Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 2 (2). http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI/article/view/416
Rubiyanto, N. (2010). Strategi Pembelajaran Holistik di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rustaman, N. (2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: “Konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan”. Jakarta: Kencana.
Utami, R.B. (2014). Keefektifan Metode Fishbwol terhadap Pembelajaran Berdiskusi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##