PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI SISTEM GERAK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan handout berbasis team assisted individualization pada materi sistem gerak Kelas XI di MA Madani Alauddin Paopao, 2) Mengetahui tingkat kevalidan handout berbasis team assisted individualization pada materi sistem gerak Kelas XI MA di Madani Alauddin Paopao, 3) mengetahui tingkat kepraktisan handout berbasis team assisted individualization pada materi sistem gerak Kelas XI MA di Madani Alauddin Paopao, dan 4) mengetahui tingkat keefektifan menggunakan handout berbasis team assisted individualization pada materi sistem gerak Kelas XI MA di Madani Alauddin Paopao. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4D, yang meliputi empat tahap yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 di MA Madani Alauddin Paopao. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk mendapatkan data kevalidan produk, angket respon guru dan angket respon siswa untuk mendapatkan data kepraktisan produk, serta butir-butir tes untuk mendapatkan data keefektifan produk. Berdasarkan hasil penilaian validator ahli, tingkat kevalidan bahan ajar handout berbasis team assisted individualization materi sistem gerak berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,41. Berdasarkan hasil penilaian respon guru dan siswa tingkat kepraktisan bahan ajar handout berbasis team assisted individualization berada pada kategori positif dengan rata-rata nilai total 3,51. Berdasarkan hasil tes belajar siswa, berada pada kategori sangat tinggi karena mencapai 88,88%.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Gafur, A. (2012). Desain pembelajaran: Konsep, model, dan aplikasinya dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Kencana.
Irfan Muhammad. Pengembangan Handout Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan pada Peserta Didik Kelas XI SMK Latanro Enrekang. Skripsi. Fakultas: Tarbiah dan Keguruan. 2018
Muliawati, D. I., Saputro, S., & Raharjo, S. B. (2016). Pengembangan handout berbasis Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pembuatan etanol skala laboratorium SMK kimia industri. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 37-44.
Kemendikbud RI. (2013). Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: tp.
Nurba. (2018). Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asisted Individualization) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone, Skripsi. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Slamet, Prawiraharto. (2016). Konsep dan Penerapan Biologi SMA/MA Kelas XI. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Astuti, P. (2017). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Pendidikan Fisika-FKIP).
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Pustaka Belajar.
Rafiqah. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme C-et. I; Makassar: Alauddin University Press.
Redja, M. (2001). Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Riduwan, M. B. A. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alf. Bandung.
Syahriani, S. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization. Jurnal Biotek, 5(1), 69-86.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek Cet. I; Jakarta:
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##