PENGGUNAAN PENUNTUN MATERI EKOSISTEM PADA KEGIATAN PRAKTIKUM PESERTA DIDIK KELAS X MA DDI CAMBALAGI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan praktikum pada peserta didik kelas X MA DDI Cambalagi pada materi ekosistem dengan menggunakan buku penuntun praktikum. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes Essay sebanyaak 5 item dan angket respon peserta didik sebanyak 10 item yang telah di validasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 23. Nilai rata-rata hasil pretest 47.93 berdasarkan criteria hasil belajar berada pada kategori rendah meningkat menjadi 87.14 pada posttest berada pada kategori tinggi. Respon peserta didik terhadap penggunaan penuntun positif dengan rata-rata 3,65 berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum dengan menggunakan buku penuntun praktikum ekosistem dikatakan efektif karena hasil nilai rasio efektivitas mencapai di atas seratus persen. Ini berarti bahwa pelaksanaan praktikum dengan menggunakan buku penuntun praktikum ekosistem pada peserta didik kelas X MA DDI Cambalagi berjalan secara efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ali, A., & Arif, W. P. (2019). Developing of guidance for laboratory practice of islamic science-integrated plant anatomy-physiology. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 70-82. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n1.70-82
Djamahar, R., Hasanah, S., & Sartono, N. (2016). Pengaruh learning start with a question (lsq) terhadap berpikir analisis siswa pada materi sistem saraf. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 34-39. Doi: 10.21009/biosferjpb.9-1.6.
Hakim, A., Ismail, I., & Arifin, A. N. (2018, October). Pengembangan Penuntun Praktikum Mikrobiologi Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros. In Seminar Nasional Biologi.
Ichsan, I. Z., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D. V., Singh, C. K. S., & Babu, R. U. M. (2020). HOTS-AEP-COVID-19: Students Knowledge and Digital Worksheet of ILMIZI Environmental Learning Model. Assessment, 29(6), 5231-5241.Mayer, R. E. (2002). Rote Versus Meaningful Learning. Theory into Practice, 41(4), 226–232. Doi: 10.1207/s15430421tip4104_4.
Mustami, M. K. (2017). Validitas pengembangan penuntun praktikum ilustratif mikroteknik hewan berbasis guided inquiry. Jurnal Ilmiah Pena, 11(1), 75-83. Retrived from: http://ojs.stkippi.ac.id/index.php/jip/article/view/87
Novianti, A. I. 2016. Efektivitas Metode Praktikum Pengukuran Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Mts Bahrul Ulum Rokan Hulu Riau. skripsi. Riau: Universitas Pasir Pengaraian.
Primadya Anantyarta, H. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Protista Kelas X Sma Ma’arif Nu Pandaan. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 3(1).
Riduan. 2010. Skala Pengkuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2018). From a reader to a scientist: developing cirgi learning to empower scientific literacy and mastery of biology concept. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 90-100. Doi: 10.21009/biosferjpb.v11n2.90-100.
Sari, E. R., Haviz, M., & Afwadi. (2017). Model toleransi pada pembelajaran sains kelas viii semester ii di smp pesantren pramuka alhira padang panjang. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 22-31. Doi: 10.21009/biosferjpb.10-1.4.
Silawati, T. (2006). Microscience Experience: Sebuah Alternatif Praktikum bagi Mahasiswa Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 113–120. Retrieved from: http://simpen.lppm.ut.ac.id/htmpublikasi/silawati.pdf
Sitanggang, Yulistiana. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Ekosistem Melalui Penggunaan Laboratorium Alam. Jurnal Formatif. Volume 5. Nomor 2.
Suryanda, A., Rusdi, & Kusumawati, D. (2017). Pengembangan praktikum virtual urinalisis sebagai media pembelajaran biologi siswa sma kelas xi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 1- 8. Doi: 10.21009/biosferjpb.10-1.1.
Susantini, E., & Lisdiana, L. (2012). Pengembangan petunjuk praktikum genetika untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2). Doi: 10.15294/jpii.v1i2.2126.
Tuli, F. (2009). Understanding undergraduate students practicum experience: a qualitative case study of jimma university. Ethiopian Journal of Education and Sciences, 5(1), 37-61. Doi: 10.4314/ejesc.v5i1.56311.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##