PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DI KELAS XII IPA SMAN 11 SINJAI

  • Kasmawati AD
    (ID)
  • Jamilah Jamilah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ainul Uyuni Taufiq UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode praktikum pada pembelajaran biologi kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai, 2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode diskusi pada pembelajaran biologi kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai, 3) Untuk mengetahui pengaruh metode praktikum terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai yang berjumlah 55 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh sehingga sampel kelas eksperimen sebanyak 26 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 24 peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode diskusi. Instrumen berupa tes hasil belajar peserta didik. Analisis data berupa statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata posstest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen adalah 83,96, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 71,75 dan nilai signifikansi 0,000 0,05 yang berarti terdapat pengaruh metode praktikum terhadap hasil belajar peserta didik di kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aditya, P., Rosnita & Syamsiati (2015). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kharulistiwa, 4 (9). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11406/pdf

Agustina, P., Saputra, A., Khotimah, E.K., Rohmasari, D., Sulistyanti, N. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri di Klaten Pada Ditinjau Dari Kualitas Laboratorium, Pengelolaan, dan Pelaksanaan Praktikum. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8 (2).

Arianty, W., Har, E. & Deswati, L. (2015). Pelaksanaan Praktikum dan Hubungan dengan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA SMA Muhamadiyah Padang Panjang. Jurnal Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, 4 (5). https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFKIP/article/view/5540

Astuti, N.W., Yolida, B. & Sikumbang, D. (2019). Hubungan Praktikum dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem. Jurnal Bioterdidik, 7 (5). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/18833

BalRam, R. (2017). Pengaruh Metode Praktikum Disertai Feedback Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas X Pada Materi Larutan. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Khatulistiwa, 6 (6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20305

Dewi, I.S., Sunariyati, S. & Neneng, L. (2014). Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri Se-Kota Palangka Raya. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika IAIN Palangka Raya, 2 (1).

Fauziah, N. (2013). Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada Siswa Kelas XI Jurusan Keagamaan di MAN Tempel Sleman. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10 (1).

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasmiati, Jamilah, & Mustami, M.K. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan Dan Perkembangan dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek, 5 (1). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/3444

Ihsan, F. (2003). Dasar-dasar kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Maryam, S., Lestari, R. & Afniyanti. (2015). Analisis Pelaksanaan Praktikum pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kuntodarussalam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Mahasiswa Prodi Biologi UPP, 1 (1).

Mustami, M.K., Suryadin & Wekke, I.S. Learning Model Combined With Mind Maps and Cooperatif Strategies For Junior High School Studen. Journal Of Engineering and Applied Science, 12 (7). https://medwelljournals.com/abstract/?doi=jeasci.2017.1681.1686

Nisa, U.M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference, 15 (1). https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/27684

Rahman, A.A., Samingan & Khairil. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa pada Konsep Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 2 Peusangan. Jurnal EduBio Tropika, 2 (1). http://jurnal.unsyiah.ac.id/JET/article/view/5244

Rezeqi, S. (2014). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri Se Kabupaten Karo. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya.

Pamungkas, M.S.H., Mulyani, S. & Saputro, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Poe dengan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Kimia Siswa. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 20 (1). https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16596

Semayang, A. & Rahmatsyah. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Menggunakan Media Mind Map terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pantai Cermin T.P.2013/2014. INPAVI: Inovasi Pembelajaran Fisika, 2 (4). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/2128

Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yulaida, D. (2016). Pengaruh Metode Praktikum terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kemiri 1 Puspo Pasuruan. Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Diterbitkan
2021-03-26
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1060 times