PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMAN 2 BONE

  • Hasnaeni Hasnaeni UIN Alauddin Makassar
  • Muh. Rapi UIN Alauddin Makassar
  • Syahriani Syahriani UIN Alauddin Makassar

Abstrak

This study is intended to know the effect of the cooperative setting interactive learning model (PISK) on the Biology learning outcomes of students. This quasi-experimental research has a non-equivalent posttest-only control group design. The population is class X MIPA SMA Negeri 2 Bone as many as 210 students. The sampling technique used is a purposive sampling technique. The sample is 50 people consisting of two classes, namely class X MIPA 2 as an experiment using the PISK model as many as 25 students and class X MIPA 1 as a control class totaling 25 students. The research instruments were in the form of learning outcomes tests and observation sheets. Data analysis techniques are descriptive analysis and inferential analysis using prerequisite tests and independent sample t-test. The data obtained from learning outcomes in the experimental class were in the high category with an average value of 79. Meanwhile, the control class obtained an average value of 75.20 with a high category. Hypothesis testing showed differences in learning outcomes taught with the PISK model and with the lecture method. The effectiveness test shows that learning using the PISK model is more effective than direct learning.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ali, Muhammad. (2004). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Asyafah, Abas. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1).

Darmana, I Kdk. Ropi, Sedanayasa, Gd., Antari, Ni Ngh. Madri. (2013). Pengaruh Model Problem-Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. MIMBAR: PGSD Undiksha, 1(1).

Haris, Abdul. (2016). Efektivitas Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Manggelewa Tahun Pelajaran 2013/2014. NUANSA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2).

Hisyam, Farih Nur, Abidin, Zainal, dan Nursit, Isbadar. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik pada Pokok Bahasan Eksponen Kelas X. JP3, 15(19): 28-33.

Mahmud, Djuwita Amin dan Hartono. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran ISK dan diitinjau dari Motivasi, Sikap, dan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2): 188.

Misnawati, Syofii, Imam, dan Darlius. (2019). Perbandingan Metode Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif dan Metode Ceramah pada Prestasi Belajar Siswa di SMK YP Gajah Mada. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(2): 171-179.

Murdiana, I Nyoman. (2014). Model Pembelajaran Interaktif Seting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(4): 385-406.

Nasution, S. (2010). Didaktik asas-asas Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ningrum, Fhela Vhantoria. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada Materi Peluang ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Tahun Pembelajaran 2012/2013. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).

Nur, Mahdi. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Interaktif Seting Kooperatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Palimanan Kabupaten Cirebon. Jurnal Edueksos, 7(1): 77-90.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Selçuk, Gamze Sezgin, Çalışkan, Serap dan Erol, Mustafa. (2008). The Effects of Problem Solving Instruction on Physics Achievement, Problem Solving Performance and Strategy Use. Latin American Journal Physics Education, 3(1): 44-58.

Slavin, Robert. E. (2008). Cooperative Learning, Teori Riset dan Praktis. Bandung: Nusa media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyaningrum, Ervina Maret. (2012). Efektivitas Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Trigonometri Siswa Kelas X Semester I SMA Negeri 5 Madiun Tahun Pelajaran 2009/2010 ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. JIPM Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Syarifah, Fadillah. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, ISSN 978-979-96880-5-7

Utami, Fransisca Tyas Tri. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau dari Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Widyanigrum, Ratna, Saryanto, dan Karyanto, Pugu. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan pada Materi Pencemaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1): 2.

Widyaningrum, Khoiriyah. (2012). Aplikasi Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografis dengan Kompetensi Dasar Sumber Daya Alam Manusia. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Diterbitkan
2021-04-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 349 times