E-Modul Biologi Terintegrasi Keilmuan Islam Berbasis Android

  • A. Muh. Farid Khuzairi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ainul Uyuni Taufiq Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamansah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: android, e-modul, integrasi keilmuan Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul biologi terintegrasi keilmuan Islam berbasis android, mengetahui tingkat kevalidan e-modul dan mengetahui tingkat kepraktisan e-modul biologi terintegrasi keilmuan Islam berbasis android pada kelas X MAN 3 Makassar. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan 4-D, yang mencakup empat tahapan yakni persiapan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA I berjumlah 25 peserta didik, instrumen yang digunakan lembar validasi ahli, angket respon pendidik dan angket respon peserta didik.  Berdasarkan hasil penilaian validator ahli, tingkat kevalidan e-modul biologi terintegrasi keilmuan Islam berbasis android sebesar 3,30 (2,5 ≤ M ≤ 3,5), dan termasuk dalam kategori valid. Hasil penilaian respon pendidik dan peserta didik menunjukkan nilai tingkat kepraktisan  e-modul sebesar 3,50 (Xi = 3,5), dan termasuk dalam kategori sangat praktis.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Accraf, L.B.R., Suryati, & Khery, Y. (2019). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android dan Nature Of Since Pada Materi Ikatan Kimia dan Gaya Antar Molekul Untuk Menumbuhkan Literasi Sains Peserta didik. Jurnal Kependidikan Kimia Hydrogen, 6 (2). https://e- journal.undikma.ac.id/index.php/hydrogen/article/view/1607

Anggraini, D., Arimadona, S., & Rahmi, E.K. (2019). Pengembangan Mind Map Dilengkapi Glosarium Pada Materi Biologi Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP Ahlussunnah, 1 (1). http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/108

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian”, Jurnal THEOREMS, 2 (1). https://dx.doi.org/10.31949/th.v2i1.571

Daryanto & Aris, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Cet, I; Yogyakarta: PT. Gava Media.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Panduan Praktis Penyusun e-modul Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud RI.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008.) Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, N.R. dan Akhlis, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Permainan Untuk Mengembangkan Karakter Peserta didik. Unnes Science Education Journal, 5 (1). https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9569

Hamdani. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Cet. VI; Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hasanah, A.M., Ismail, & Mukhlishoh, S. (2019). Pengembangan Modul Biologi Terintegrasi Nilai Islam Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Bioeduca: Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (1). https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4951

Herawati, R., Sulisworo, D., Fayanto, S. (2019). The Development of Learning Videos on powToon-Based Work and Energy Topics to Support Flipped Classroom Learning, Journal of Research & Method in Education, 9 (4). https://www.researchgate.net/publication/334623716_The_Development_of_Learning_Videos_on_PowToonbased_Work_and_Energy_Topics_to_Support_Flippe d_Classroom_Learning

Jamal, N. (2017). Model-model Integrasi Keilmuan Perpendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Kabilah: Journal of Social Community, 2 (1). https://doi.org/10.35127/kbl.v2i1.3088

Kumalasani, M, P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1). https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345

Larasati, A.D., et. al. (2020). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Sistem Respirasi. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4 (1). https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i1.2766

Mufid, F. (2014). Integrasi Ilmu-Ilmu Islam. Ekuilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 1 (1): h. 64. http://dx.doi.org/10.21043/equilibrium.v1i1.200

Nasution, S.H., et. al. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spesial Peserta Didik Pada Topik Dimensi Tiga Kelas X. Jurnal KIP, 4(2). http://journals.ukitoraja.ac.id

Nieveen, N. (2007). Formative Evaluation in Educational Design Research. In Tjeerd Plomp and Nienke Nieveen (Eds). An introduction to educational design research. www.slo.nl/organisatie/international/publications

Prasetiyowati, Y. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi Materi Pokok Pemodelan Objek 3D Kelas XI Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Negeri 1 Magetan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6 (2): h.1-5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/13071

Prasetya, A. (2021). Electronic Module Development with Project Based Learning in Web Programming Courses. International Journal of Computer and Information System (IJCIS), 2 (3). https://doi.org/10.29040/ijcis.v2i3.38

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pratama, Y.A., Muchtar, Z. & Darmana, A. (2021). Develop an Android-Based Learning Media Integrated with a Scientific Approach to the Colligative Solution's Nature. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4 (1). https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1605

Purwaningtyas, Dwiyogo, W.D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas XI Berbasis Online dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (1):121-129. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8471

Rafiqah. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme. Makassar: Alauddin University Press.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia Pasal 3. Jakarta: Sinar Grafika.

Utami, Z.S., Sujarwanta, A., & Santoso, H. (2018). Pengembangan Modul Biologi Yang Terintegrasi Nilai Keislaman Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kesadaran Peserta Didik Pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati SMA Kelas X. Jurnal Bioedukasi, 9 (2). http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i2.1809

Diterbitkan
2022-05-17
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 159 times