PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 2 BULUKUMBA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA MAGIC CARD DAN MEDIA GAME TWISTER

  • Aswar Anas UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ilyas Ismail UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syahriani Syahriani UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syamsul Hamsa UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik SMAN 2 Bulukumba yang diajar menggunakan media magic card, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik SMAN 2 Bulukumba yang diajar menggunakan media game twister, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik SMAN 2 Bulukumba yang diajar menggunakan media  magic card dan media game twister. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 nomor. Hasil penelitian yang diperoleh pada kelas eksperimen 1 menggunakan media magic card bahwa hasil belajar peserta didik berada pada kategori tinggi (57,14%) dan sangat tinggi (42,86%) sementara pada kelas eksperimen 2 menggunakan media game twister berada pada kategori sedang (8,70%), tinggi (56,52%) dan sangat tinggi (34,78%). Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan uji independent sample t test diperoleh taraf signifikan 0,089 > 0,05, maka hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media magic card dan media game twister.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Asnawir & Usman, B. (2002). Media Pembelajaran . Jakarta: Ciputat pres.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12(1). 149-162. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v12i1.444

Fitriyani, Agustina, F. & Harahap, D. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Magic Card pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA). Simbiosa, 5(2), 99-109. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/simbiosajournal/article/view/818

Ningtias, I. L. K., Maulana, A. & Ali, A. (2021). Pengembangan Media Game Twister Materi Sistem Reproduksi di SMA Islam Darussalam Pannyangkalang. Jurnal Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 52-61. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/17654

Kunandar. (2011). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Mutmainnah, S. Jamilah & Syahriani. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Magic Card Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 75-84. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/15502

Novalinda, E., Kantun, S. & Widodo, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 11(2), 115-119. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456

Ningrat, S. P., Tegeh, I. M. & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257-265. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. 10.24090/jk.v1i1.530

Utami, D. R., Sinaga, M. & Nimashita, H. (2019). Keefektifan Metode Pembelajaran Cooperative Tipe STAD Melalui Media Permainan Twister Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kaiwa Pada Mahasiswa Tingkat II Kelas B Angkatan 2017 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 1-15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/24528

Diterbitkan
2021-10-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 124 times