PEMBELAJARAN AKTIF KONSEP “MIKiR” DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Noviana Novi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M.Rusdi T Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Ali Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

MIKiR merupakan singkatan dari “Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi” yang dipelopori oleh Tanoto Foundation bekerjasama dengan pemerintah meluncurkan program pembelajaran MIKiR. MIKiR ialah suatu pembelajaran yang mendorong keaktifan pada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruhnya pembelajaran aktif konsep MIKiR terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Luwu Timur. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu semua peserta didik di kelas XI yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 214 orang peserta didik. Penentuan sampel dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling, yang menjadi kelas eksperimen adalah XI MIPA 3 sebanyak 20 orang peserta didik dan yang menjadi kelas kontrol yaitu XI MIPA 4 sebanyak 20 orang peserta didik. Menggunakan uji prasyarat dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar 8.766 dan ttabel sebesar 1.686, pada taraf signifikan 5% (α = 0.05). Hasil pengujian yang diperoleh ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (8.766 > 1.686), dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran aktif konsep MIKiR terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan kelas XI MIPA SMAN 2 Luwu Timur.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anwar, Muhammad.(2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenada Media Group.

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTS Iskandar Batam. Jurnal Phytagoras 6, no.2. h. 181, (https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/966/0).

Asmawati., Asy’ari., & Malkan. (2020). Active Learning Strategies Implementation in Arabic Teaching at Senior High School. International Journal of Contemporary Islaic Education 2, no.1. h. 2-120, (https://pdfs.semanticscholar.org/7236/d75d382f532e7960d0c26acc44c685a083be.pdf).

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2016). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Sains Dan Teknologi. Vol. 8, No.1, (https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/sainstek/article/view/443).

Delisa, D., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa antara yang mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Pembelajaran Konvensional, Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 2.h. 75-84, (https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv3n2_2/0).

Demirci, Cavide. (2017). The Effect of Active Learning Approach on Attitudes of Education of 7th Grade Students. International Journal of Instruction 10, no.4, (https://www.researchgate.net/publication/339641177_The_effects_of_active_learning_approach_in_teaching_and_learning_science_A_case_of_one_of_the_primary_schools_in_Bhutan).

Fuad, M., Ismail, I., & Hamansah. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Group To Group Exchange Berbantuan Media Mind Mapping Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Ma Firdaus Tompobalang Kabupaten Maros. Jurnal Al-Ahya 1, no.3. h. 37-38, (https://doi.org/10.24252/al-ahya.v1i3.10751).

Ha, Nhu-Huang.(2017). The Impact of Personal Knowledge Management on Learning Outcome. International Journal Of Learning and Teaching 3, no. 2, (http://www.ijlt.org/uploadfile/2017/0525/20170525045435280.pdf).

Hasbullah. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmawati, A.D., Jamilah., & Taufiq, A.U. (2021). Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di Kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai. Jurnal Al-Ahya 3, no. h. 4, (https://doi.org/10.24252/al-ahya.v3i1.15841).

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education 4, no. 2, (https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/9627/0).

Kurniawan, Heru. (2015). Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta:Prenada Media Group.

Masyhud, M. Suthon. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.

Nadwa. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2, (10.21580/nw.2013.7.2.563).

Novan, A.W., & Barnawi.(2012). Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nursania.(2021). Data Hasil Wawancara, SMAN 2 Luwu Timur Kab.Luwu Timur.

Pernantah, Piki Setri. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode “MIKIR” Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education 1, no.2 (https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/1929).

Rahim, U., Ibrahim, N., Solihatin, E., & Siang, J.L. (2020). The Effect of Open-Ended Learning Approaches and Thinking Patterns on Student Mathematical Learning Outcomes. International journal of Innovation, Creativity and Change.11, no.1, h. 562-580, (https://www.researchgate.net/publication/340884171_The_Effect_of_Open-Ended_Learning_Approaches_and_Thinking_Patterns_on_Students'_Learning_Outcomes_in_Mathematics).

Rangkuti, A.N. (2014). Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 2 (2), http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI/article/view/416).

Rini & Saidek, A.R. (2018). Metode pembelajaran Aktif (Active Learning) pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Miinat Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kuala Tungkal. Jurnal Aktualita 9, no.1, h. 1-16, (https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/14/13).

Rustaman, N. (2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama.

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M.N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematik 1, no. 1. h. 2, , (https://jom.untidar.ac.id/index.php/mathlocus/article/view/892).

Safitri, N.A., Maulana, A., & Damayanti, E.(2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Quick On The Draw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Pallangga. Jurnal Biotek 6, no. 1, h. 43-51, (https://doi.org/10.24252/jb.v6i1.5070).

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sinar. (2018). Metode Active Learning. Yogyakarta : Deepublish.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suhandi, A., Pamela, I.S., Oktavia, A., Mubarok, M.A., Amri, K. (2017). Need Analysis of Students Worksheet Based on MIKiR at Themes Always Save Energy of Fourth Grade of Primary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research 397: h. 613-618, (https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.077).

Syamsidar, S., Maruf., & Hustim, R. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Cone Of Experience Edgar Dale pada Materi Elastisitas dan Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika 6, no. 1. h. 2-12, (https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/1196).

Widyaningsih, S., & Rosidi, I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Plantae. Jurnal Pena Sains 2, no. 2. h. 112-119, (https://journal.trunojoyo.ac.id/penasains/article/view/1972).

Wina, Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Yantoro. (2020). Analisis Kemampuan Guru Menerapkan Unsur MIKIR dalam Pembelajaran Aktif pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 4, no. 2, h. 356-366, (https://www.researchgate.net/publication/339940742_ANALISIS_KEMAMPUAN_GURU_MENERAPKAN_UNSUR_MIKIR_DALAM_PEMBELAJARAN_AKTIF_PADA_KELAS_TINGGI_DI_SEKOLAH_DASAR).

Zaini, Hisyam. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Diterbitkan
2021-10-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1509 times