Pengaruh Penggunaan Media Permainan Engklek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas Vii Smpn 15 Bulukumba
The Influence of the Use of Engklek Game Media on Students' Learning Outcomes Materials for Organizational System of Life Class VII SMPN 15 Bulukumba
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan engklek terhadap hasil belajar peserta didik materi sistem organisasi kehidupan kelas VII SMPN 15 Bulukumba. Penelitian ini termasuk eksperimen semu dengan menggunakan desain non-equivalent pretes posttest kontrol group, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 15 Bulukumba yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling, yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VII A sebanyak 22 peserta didik dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas VII B sebanyak 22 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang diajar dengan menggunakan media permainan memiliki rata-rata hasil belajar 63,13.Sedangkan peserta didik yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Fan-N-Pick memiliki rata-rata hasil belajar 39,86. Hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai sign untuk hasil belajar sebesar 0,011, nilai ini menunjukkan bahwa sign < α = 0,011 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media permainan engklek berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem organisasi kehidupan kelas VII SMPN 15 Bulukumba.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto. (2007). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.
Arin Ni'amah Kholidah, Wijayanti, & Ardiyanto.(2019). Pengaruh model GI Berbantu Permainan Engklek Terhadap Hasil Belajar Tematik. Jurnal Sinektik 2(1), 77-85. http://doi.org/10.33061/js.v2i1.2978 http://doi.org/10.33061/js.v2i1.2978
Aini Fitriyah & Indah Khaerunisa. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Kelas VII. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 2(2), 267-277. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/653
Alvisar, A. & Malik, A. (2016). Making Hopscotch Game to Learn Vocabulary for Elementary School Students. Inovish Journal, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.35314/inovish.v1i2.84
Aprida Pane, & Mugammad Darwis Dasopang 2017, Belajar dan Pembelajaran. Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, 03(2), 333-352. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945
Chiriac, E. H. (2014). Group work as an Incentive FOR Learning-Student’s Experiences of Group work. Frontiers in psychology, 5 (3), 1-10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.00558
Dede Delisda & Deddy Sofyan. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Peserta didik antara yang mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 75-84. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv3n2_2/233
Diantama, S. (2018). Permainan Tradisional Sunda Sebagai Pengembangan Karakter Bangsa (Studi Etnografi Pada Komunitas Hong Dago Bandung). Jurnal Citizenship, 6(1), 30-40. Http://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1871
Evi Mivtahul Khoirullah, Yarmaidi, & Rahma Kurnia Sri Utami. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Dengan Menggunakan Pembelajaran Concept Sentence dan Konvensional” Perbedaan Pengaryh penggunaan Pembelajaran Konvensional dan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Penah Ilmiah, 1(1), 3-8. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/10700/7368
Hasbullahair Ashar. (2017). Pengaruh Pembelajaran Diskusi Caologium Berbasis Permainan Engklek Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 45-48. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.3243
Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi pengajaran. Jakarta: Suka Bumi.
Lubis.R, Meti Herlina, dan Jeni rukmana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Menggunakan Media Mind Mapping Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 2(2), 160-178. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.978
Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Peserta didik, (Cet.1; Jakarta: Gaung Persada Perss).
Masruraoh, U. (2004). Pengembangan Media Permainan Penemuan Harta Karung Findingtreasure pada sub pokok bahasan Respirasi Sel. Bioedu: berkala ilmiah pendidikan biologi, 7(1), 347-351. https://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/1/article/view/7992/8244
Munawaroh, H. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1(2), 86-96. Http://doi.org/10.31932/jpdp.v7i2.1211
Ngalim Purwanto. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis (Cet.XX; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nur Isnaini Utami, Indah Kurnia. (2018). Upaya pelestarian permainan tradisional melalui proses pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. J-ADIMAS, 6(1), 12-18. Http://doi.org/10.29100/j-adimas.v6i1.678.g352
Nuryanti, Yusuf S., Rosriana G. (2021). Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Engklek terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Jaring-Jaring Kubus. Jurnal Ilmia Mahapeserta didik PGSD, 8(2), 254-264. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/35332/15046
Pane, Apriade, dan Muhammad Darwis Dasopang, (2017). Belajar dan pembelajaran, Jurnal kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Purwanto, Ngalim. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Cet. XX; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sari, Suci Wulan. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran dan Tipe KepribadianHasil Belajar Fisika pada Peserta Didik SMP Swasta di Kecamatan Medan Are. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(1), 854-863. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jd/article/view/643/564
Susanto, M. (2018). Penerapan Metode Permainan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 17-25. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.256
Tafonao, Talizaro. (2014). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahapeserta didik. 2(2), 103-114. http://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tufiq Nur Azis (2019). Stategi pembelajaran era digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science. 1(2), 308-318. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512
Teni, Nurrita.(2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-187. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Wahyu, Harpani, M., & Diah, T. (2014). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar PKN pada Peserta didik Kelas X dan XI Di SMA 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(7), 530-536. http://repository.uinsu.ac.id/6386/1/SKRIPSI%20FULL%20LENGKAP.pdf
widyaningrum, ratna, Saryanto & Karyanto pugu. (2013). Pengembangan model berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Berwawasan lingkungan pada materi Pencemaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 100-117. http://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i1.3920
Yustiar Rasyid Maulana Putra, Eka Supriatna, & Uray Gustian. (2019). Pengaruh Modifikasi Permainan Engklek Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(10), 1-9. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i10.37209
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##