Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Nodar (Numbering, Observing, Discussing, Answering, Repetition)

  • Syam Suriani Aris Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Maulana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Zulkarnaim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: NODAR learning model, motivation, learning outcomes

Abstrak

Model pembelajaran NODAR membuat peserta didik aktif berdiskusi dan mengobservasi yang meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent pretest posttest control group.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran NODAR terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 3 Enrekang sebanyak 206 peserta didik dengan sampel 35 pada kelas eksperimen dan 32 pada kelas kontrol. Instrumen penelitian tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,85 sementara pada kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 70. Hasil analisis hasil belajar diperoleh nilai sign sebesar 0.000 yang menunjukkan bahwa sign < α = 0.00 < 0.05. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran NODAR terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi sistem imunitas di SMAN 3 Enrekang

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Artini, R.J., Adnyana, P.B., & Warpala, I.W.S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Couple Card Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6(1), 33 – 43. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPB/article/view/21923/13566

Damayanti, A.P., Yuliejantiningsih, Y., & Maulia, D. (2021). Interaksi Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 163-167. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/27576

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elinawati, W., Duda, H.J., & Julung, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Sainsmat, VII (1), 13-24. https://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/6472/4310

Firdaus, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Formatif, 6 (2), 93-99. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/942

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hidayat, H., Rohiat, S., & Bahar, A. (2019). Implementation of Cooperative Learning Model by Greeting and Question Technique to Improve the Learning Outcomes and Activities Students in SMA 1 Bengkulu. International Journal of Chemistry Education Research, 3(2), 66-69. https://journal.uii.ac.id/IJCER/article/view/14932/pdf

Iskandar, A.P, Leonard. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1-13. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/801/638

Joesyiana, K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda).Jurnal Pendidikan Ekonomi Akutansi FKIP UIR, 6 (2), 90-103. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2740

Kusnadi, D, Kusumawati, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 006 Tarakan. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 7(1), 74-82. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/edukasia/article/view/1379/947

Kusyairy, U. (2014). Psikologi Belajar Panduan Praktis Untuk Memahami Psikologi Dalam Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Magdalena, M. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia-Medan. Jurnal Warta Edisi 58, https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/98406770078147507

Manalu, M.O., Okyranida, I.Y., & Asih D.A.S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMK Asy- Syifa Depok. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 26-31. http://www.jim.unindra.ac.id/index.php/schrodinger/article/view/4044/pdf

Martini, N.K., Tripalupi, L.E., & Haris, I.A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 295 – 304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/20148/12167

Muhlis. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid SMAN 4 Bantimurung Maros. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 12-24. https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/4135/pdf_9

Muliandari, P.T.V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education. 3(2), 132 – 140. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/18517/10942

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia ( Indonesian Journal of Science Education), 7(1), 9-15. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/13293/10546

Putra, S.H.J. (2021). Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Di SMA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 50 – 55. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/768/545

Salehuddin, Yasin & Borahima. (2000). Pengelolaan Pembelajaran. Makassar: Alauddin Press.

Sudarsana, I.K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Penjamin Mutu, 4(1), 20 – 31. http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/395/319

Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Syafaren, A., Yustina, & Mahadi, I. (2019). Pembelajaran IPA Berbasiskan Integrasi Inkuiri Terbimbing dengan Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 1-11. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JNSI/article/view/7109/3966

Trisianawati, E., Djudin, T., & Stianingsih, Y.D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 354-361. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/5295/pdf

Wahyuningtiyas, R.D. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran NODAR (Numbering, Observing, Discussig, Answering Repetition) Berbasis BBL (Brain Based Learning) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Retensi dan Hasil Belajar. Skripsi. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91142

Diterbitkan
2023-05-17
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 81 times