Analisis Kebutuhan Pengembangan Penuntun Praktikum Mikrobiologi Mahasiswa Pendidikan Biologi Institut Turatea Indonesia Jeneponto
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan analisis kebutuhan pengambangan penuntun praktikum mikrobiologi mahasiswa jurusan pendidikan biologi Institut Turatea Indonesia Jeneponto yang telah ada serta bentuk dan pendekatan penuntun praktikum mikrobilogi yang akan dikembangkan. Data dikumpulakn dengan instrumen kuesioner yang telah divalidasi. Kuesioner diberikan kepada mahasiswa jurusan pendidikan biologi Institut Turatea Indonesia Jeneponto berjumlah 30 orang dan dosen program studi pendidikan biologi Institut Turatea Indonesia Jeneponto berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penuntun Praktikum Mikrobiologi Berbasis Ketrampilan Proses Sains yang saat ini digunakan pada Institut Turatea Indonesia Jeneponto perlu dikembangkan. Bentuk Penuntun Praktikum Mikrobiologi yang akan dikembangkan adalah video tutorial. Pendekatan KPS dianggap masih relevan digunakan dalam Penuntun Praktikum Mikrobiologi pada Institut Turatea Indonesia Jeneponto
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anita, H. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Kegiatan Praktikum Mikrobiologi. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 240–249. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1765
Fadillah, N., Maulana, A., & Syahriani. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Lingkungan pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Pinrang. 7(2), 12–25.
Fauziah, N. (2019). Efektivitas Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kompetensi Mahasiswa. Bioconcetta, 5(1), 46–54.
Mila Putri, Z., Hasnunidah, N., & Berti, Y. (2018). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Struktur dan Fungsi Tumbuhan dengan Model Argument-Driven Inquiry ( ADI ). Journal Bioterdidik, 1, 3.
Nurussaniah, N., & Nurhayati, N. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar 1 Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. V, SNF2016-RND-63-SNF2016-RND-68. https://doi.org/10.21009/0305010214
Prasetyo, M. M. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Mikrobiologi Berbasis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi Uin Alauddin Makassar. Jurnal Biotek, 4(1), 1–20. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/viewFile/1766/1721
Putri, R. K. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisiologi Tumbuhan untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Prosiding Seminar Nasional, FITK UIN Jakarta 2021, May, 19–26.
Rahmad, R., Yuniastuti, E., & Wirda, M. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio 8.5 Pada Matakuliah Sistem Informasi Geografi (SIG). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13040
Rahmi, E. G., & Silvina, R. (2019). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Penuntun Praktikum Ipa Berbasis Model Pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (Ctl) Untuk Siswa Smpn Se Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 1–6. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3929
Syahputra, H., & Sutiani, A. (2021). Pengembangan Video Tutorial Pembelajaran Menggunakan Camtasia Sebagai Media Pembelajaran Secara Daring Di SMA Dan SMK Pabaku Stabat. Prosiding Seminar Nasional Hasil …, November, 171–176. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41333
Syazali, M., Rahmatih, A. N., & Nursaptini, N. (2021). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Implementasi SPADA Unram. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 103–112. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2290
Winangun, I. M. A. (2021). Project Based Learning: Strategi Pelaksanaan Praktikum IPA SD Dimasa Pandemi Covid-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 11–20. http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1388
Zakiah, Maisura, & Makawiyah. (2022). Pengembangan penuntun praktikum tipe discovery pada materi larutan asam basa di sma negeri unggul sigli. 4(2). https://doi.org/10.47647/jrr
Zakiah, Silalahi, A., & Muchtar, Z. (2015). Pengembangan Penuntun Praktikum Tipe Discovery Dan Tipe Project Based Learning Pada Pembelajaran Elektrolit Dan Non Elektrolit Di Sma. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 83–94. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpk/article/view/5504
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##