Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Fisologi Hewan

  • Mohammad Mulyadi Prasetyo Universitas Patompo Makassar
    (ID)
  • Nurhidayah Universitas Muslim Maros
    (ID)
  • Muqtakdir Nurfalaq Syarif Universitas Patompo
    (ID)

Abstrak

Melalui model pembelajaran kooperatif tye jigsaw II penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model tersebut bagi hasil belajar pada mata kuliah fisiologi hewan. Quasi Experiment diterapkan sebagai jenis penelitian (eksperimen semu) melalui desain penelitian pola one group pre test-post test design (kelompok tunggal). Teknik random sampling digunakan sebagai cara untuk pemilihan sampel. Mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah fisiologi hewan untuk semester genap pada program studi Pendidikan Biologi merupakan subyek pada penelitian ini. Untuk pengukuran hasil belajar mahasiswa digunakan instrument tes hasil belajar sebagai alat ukur dan untuk m.engumpulkan data yang selanjutnya dianalisis mean, median, modus, varians dan simpangan baku, secara deskiptif sehingga terlihat gambaran data yang diperoleh lalu dilakukan analisis inferensial dengan menggunakan uji t paired sample t-test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bagi variable model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II terhadap hasil belajar mata kuliah fisiologi hewan. Hasil tersebut ditandai dari perolehan nilai rata-rata post-tes lebih tinggi dengan nilai 74.96 dibandingkan nilai pretest hanya 60.17. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model kooperatif tipe jigsaw II dapat meningkatkan kualitas belajar dalam ranah kognitif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

pendidikan biologi

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Biologi

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Biologi

Referensi

Abbas, M. L. H. (2019). Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2). https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1409

Ainiyah, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(1), 868. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p868-874

Aronson, E. (2021). The Jigsaw Classroom. In Pioneering Perspectives in Cooperative Learning. https://doi.org/10.4324/9781003106760-7

Belmekki, A. & Kebiri, A. (201). Cooperative Learning In EFL Class: A Students Grammar Competence Enhancement Process. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences. 2(3). https://www.researchgate.net/publication/341079640_ cooperative_learning_in_efl_classes_a_students'_grammar_competence_enhancement_process

Bouilheres, F., Le, L. T. V. H., McDonald, S., Nkhoma, C., & Jandug-Montera, L. (2020). Defining student learning experience through blended learning. Education and Information Technologies, 25(4). https://doi.org/10.1007/s10639-020-10100-y

Han, H. (2014). Transforming EFL classes from lecturing to cooperative learning. Journal of Language Teaching and Research, 5(4). https://doi.org/10.4304/jltr.5.4.948-952

Husaimah, S.F., Rapi, M., & Syahriani, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Permainan Truth And Dare Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA Negeri 6 Bone. Jurnal Pendidikan Biologi: Al-Ahya. 3(1). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/19887

Istiningsih, S., Sri Widari, N. K., & Hasanah, N. (2018). Efektivitas Teknik Mangkuk Ikan Atau Akuarium (Fish Bowl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V A SDN 16 Cakranegara Tahun Pelajaran 2016/2017. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.21009/jkkp.051.08

Johnson, S. A., & Cuevas, J. (2016). The Effects of Inquiry Project-Based Learning on Student Reading Motivation and Student Perceptions of Inquiry Learning Processes. Georgia Educational Researcher, 13(1). https://doi.org/10.20429/ger.2016.130102

Laksemiwati, N. L. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Archievemen Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Tata Hidang. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17115

Mudijono, M., & Azis, Y. M. (2022). Analisis Peningkatan Hasil Belajar dengan Metode Jigsaw Menggunakan E-Learning Google Meet Pada Materi Persamaan Diferensial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1293

Pratiwi, I. I., Wijaya, A. F. C., & Ramalis, T. R. (2019). Penerapan PBL dengan Konteks ESD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.01

Rizki, G. A. F., & Daniamiseno, A. G. (2019). Pengembangan Model Blended Learning dengan Pendekatan Cooperative Mata Kuliah Ilmu Lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.15560

Sholihah, H. A., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2016). Metode Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMP. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 160–167. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/902

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning in Schools. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92028-2

Slavin, R. E., & Karweit, N. L. (1981). Cognitive and affective outcomes of an intensive student team learning experience. Journal of Experimental Education, 50(1). https://doi.org/10.1080/00220973.1981.11011797

Sugiarto, T. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Konsep Internet dan Intranet Melalui Metode Kerja Kelompok (Penelitian Tindakan Kelasdi Kelas VIII-E SMP Negeri 15 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.25157/wa.v6i1.2037

Ulfah, M. (2014). Pengembangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) di Sekolah Taman Kanak-Kanak Fullday. In PAWIYATAN, 20(2). http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=251792

Verma, N., M Rustagi., S., Prakash, S., Dave, V., & Dhuria, R. (2020). Perception analysis of students and faculty of a recently implemented Interactive Teaching session in Anatomy using ‘Jigsaw Technique’ in a north Indian medical college. Journal of Education Technology in Health Sciences, 7(1). https://doi.org/10.18231/j.jeths.2020.004

Diterbitkan
2023-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 140 times