Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA terpadu di SMP Tahfidzul Qur'an Wahdah Islamiyah Makassar. Bentuk investigasi asosiatif ini digunakan untuk menentukan hubungan antar variabel. Populasi penelitian berjumlah 40 peserta didik SMP Tahfidzul Qur'an Wahdah Islamiyah Makassar. Sebagai instrumen penelitian digunakan angket skala Likert yang berisi indikator kecerdasan spiritual dan motivasi belajar. Pengumpulan data dilanjutkan dengan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa peserta didik memiliki tingkat kecerdasan spiritual rata-rata 72%, atau 29%. Analisis deskriptif motivasi belajar juga berada pada taraf sedang, terhitung 70% atau 28 orang. Uji signifikansi menunjukkan nilai signifikansi 0,001 berdasarkan temuan analisis inferensi. Jika nilai signifikansi < nilai probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05) maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa kecerdasan spiritual memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Terpadu SMP Tahfidzul Qur’an Wahdah Islamiyah Makassar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Khodijah Nyayu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Nashihah, Ummi Hanik. (2018). Korelasi antara kecerdasan spiritual (SQ) dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika kelas XI MA NU Miftahul Falah Kudus semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9380
Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Yogyakarta: Teras
Murniati, Murniati. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII Pondok Pesantren Abnaul Amir Moncobalang Kabupaten Gowa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/11115
Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja. Grafindo
Persada.
Semayang, A. & Rahmatsyah. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Menggunakan Media Mind Map terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pantai Cermin T.P.2013/2014. INPAVI: Inovasi Pembelajaran Fisika, 2 (4). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/2128
Siswanto, Wahyudi. Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Amzah, 2010.
Tirtarahardja, Umar, S. L. La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##