Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media KOKAMI terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

  • Sonia Indah Saputri UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syamsul Syamsul Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Safei Safei Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbantuan media kotak kartu misteri (KOKAMI), (2) mendeskripsikan motivasi belajar peserta menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) mengetahui pengaruh model teams games tournament (TGT) berbantuan media kotak kartu misteri (KOKAMI) terhadap motivasi belajar peserta didik kelasX SMA Negeri 2 Takalar. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Takalar berjumlah 240 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, kelas eksperimen (X IPA 3) dan kelas kontrol (X IPA 4) masing-masing sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket berjumlah 23 item pernyataan dan lembar observasi motivasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbantuan media kotak kartu misteri (KOKAMI) pada kategori tinggi. Sedangkan motivasi belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional pada kategori sedang. Terdapat pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbantuan media kotak kartu misteri (KOKAMI) terhadap motivasi belajar peserta didik kelasX SMA Negeri 2 Takalar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Paedagogik, VI(01), 72–89. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v6i01.166

Amri & Nursida. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas Xi IPA Pokok Bahasan Sel SMA Negeri 2. Jurnal Biotek, 5(2), 205–217. https://doi.org/10.24252/jb.v5i2.4289

Anwar, M. (2017). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikolgi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyani, N. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Model TGT (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basic Education, 8(5), 465–476. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14939

Gahara, B. (2019). Integrasi Media Powerpoint Dengan Metode Card Sort Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Materi Makna Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 Dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 Di Kelas VII. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 69. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i1.1944

Hasan, A. A., & Baroroh. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Videoscribe Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Lisanuna, 9(2), 140-155. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/article/view/6738/4051

Indriyani, S., Degeng, I. N. S., & Sumarmi et al. (2017). Efektivitas penggunaan model teams games tournament berbantuan media. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1321–1329. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10065

Isnaini, M., Utami, L. S., & Marga, K. M. (2018). Pengaruh Media Kokami (Kotak Dan Kartu Misterius) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(2), 18. https://doi.org/10.31764/orbita.v4i2.573

Istiqomah, F., Widiyatmoko, A., & Wusqo, I. U. (2016). Pengaruh Media Kokami Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Aktivitas Belajar Tema Bahan Kimia. Unnes Science Education Journal, 5(2), 1217-1226. https://doi.org/10.15294/usej.v5i2.11913

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/86

Muhdar, M., Syamsudduha. S., & Ismail, W. (2019). Pengaruh Strategi Information Search And Answer Gallery (Isa-Gallery) Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalukku. Jurnal Al-Ahya, 1(3), 45-56. https://doi.org/10.24252/al-ahya.v1i3.10743

Nandri, E. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap kemampuan pemecahan Masalah Matematis siswa Kelas IX SMP N 2 Merangin. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 32–40. http://journal.stkipypmbangko.ac.id/index.php/mat-edukasia/article/view/69

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Tarbawi, 4(1), 27-44. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Nugroho, D. R., & Rachman, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli Di Kelas X Sman 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 161–165. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2820

Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187. https://core.ac.uk/download/pdf/268180802.pdf

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1748684

Purwanto, R. (2011). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Sistem Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team Terhadapsiswa Kelas Xi Ipa Sma Smart Ekselensia Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa Edisi, 1(1), 1-14. https://www.academia.edu/download/37979334/Peningkatan-Motivasi-dan-Hasil-Belajar-Siswa-dengan-Teaching-Game-Team.pdf

Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). CENDEKIA Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 09(02), 193–210. https://journal.stitaf.ac.id/cendekia/article/view/106

Setiawan, M. A. & Yuswono, L. C. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif 20 Ilmiah Sarasvati, 3(1), 56-67. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/otomotif-s1/article/view/10165

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Syamsul, Rahim, A., Syahriani, Mardin, H., & A.S, A. (2021). Profil Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Biologi kelas XI IPA SMAN Di Kabupaten Sinjai. Pendidikan Biologi, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.24252/al-ahya.v3i2.22508

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wardana & Djamaluddin, A. (2021). Belajar dan Pembelajaran Teori, Desain, Model Pembelajaran dan Prestasi Belajar. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Wardani, D. K., & Burhanuddin, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pelajaran Ushul Fiqih Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mapk Pelajaran Ushul Fiqih Di Man 4 Jombang. Journal of Education and Management Studies, 4(3), 29–36. http://www.ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/481/223

Widayanti, E. R., & Slameto. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar Ipa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 182-195. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p182-195

Zaeni, Johara, A., Hidayah, & Fitria, F. (2017). Analisis keaktifan siswa melalui penerapan model teams games tournaments (TGT) pada materi termokimia kelas XI IPA 5 di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Internasional Universitas Muhammadiyah Semarang, 416–425. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3086/2995

Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 119 times