Pengaruh Media Teka-Teki Gambar (TTG) terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

  • Afifa Anwar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syahriani Syahriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Maulana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian memiliki tujuan yang meliputi (1)mendeskripsikan hasil belajar peserta didik yang diajar tanpa media pembelajaran TTG, (2) menggambarkan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media pembelajaran TTG, (3) dan menguji pengaruh media pembelajaran TTG terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian terdiri dari semua peserta didik SMA Negeri 2 Pinrang yang berjumlah 341 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari 60 peserta didik yang berasal dari 2 kelas berbeda, yaitu kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dengan 30 peserta didik dan kelas XI.2 sebagai kelas kontrol dengan 30 peserta didik. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu soal tes pilihan ganda sebanyak 25 butir. Analisis data meliputi analisis statistik data deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian memperlihatkan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran TTG memiliki rata-rata prestasi belajar posttest adalah 74,13 yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan kelas eksperimen yang mencapai rata-rata 84,80. Nilai signifikan hasil uji t yaitu 0.000 < 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh media pembelajaran Teka-Teki Gambar (TTG) terhadap prestasi belajar mata pelajaran biologi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pinrang.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Akbar, A,A & Tarman. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 40-48. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1238

Alfiani, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Pelajaran IPS Tema Berbagai Pekerjaan Sub Tema Jenis-Jenis Pekerjaan. http://repository.uinbanten.ac.id/4630/

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Untirta, 2(1), 586-595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Dwiredy, M. & Qalbi, Z. (2021). Pengaruh Permainan Teka-Teki Gambar Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal RECEP, 2(1), 38-47. https://ejournal.upi.edu/index.php/RECEP/article/view/31070

Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Kharisma, Syamsudduha, S., & Hamansah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Game Teka-Teki Gambar Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi Al-Ahya, 3(3), 80-90. https://doi.org/10.24252/al-ahya.v3i3.24307

Khusnul, L. (2018). Penggunaan Metode Teka-Teki Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Kelompok B. Naskah Publikasi, 1-12. http://eprints.ums.ac.id/64231/11/NASKAH%20PUBLIKASI%20r.pdf

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Hadis, Syariah Dan Tarbiyah, 3(1), 171-187. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Ramli, M. (2015). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan. 13(23), 130-154. https://idr.uin-antasari.ac.id/4625/1/M%20Ramli_Media%20Pembelajaran.pdf

Ratumanan, T.G & Laurens. (2015). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pensil Komunika.

Riyana, C & Susilana, R. (2009). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Danpenilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Rohini. (2010) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 02 Korleko. Jurnal Education. 5(2), 77-78. https://doi.org/10.29408/edc.v5i2.122

Sadiman, A.S., et al., (2017). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT. Grafindo Raja Persada.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53-68. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3446

Sudjana & Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Supendi & Nurhidayat. (2007). Fun Games 50 Permainan Menyenangkan Di Indoor Dan Outdoor. Jakarta: Penebar Plus.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Gramedia.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Rosdakarya.

Tirka, W & Kusumawati, N.M. (2017). Optimalisasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. International Journal Of Elementary Education. 1(1), 86-95. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11443

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran Dan Fungsinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah. 11(2), 131-144. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah

Yastiari, D.M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Media Gambar Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. International Journal Of Elementary Education. 3(4), 431-438. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21748

Diterbitkan
2024-01-07
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 59 times