Pengembangan Handout Menggunakan Teknik Mnemonik Pada Materi Plantae
Abstrak
Materi pelajaran perlu diingat oleh peserta didik dengan menyimpannya pada memori angka panjang melalaui teknik mnemonik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout menggunakan teknik mnemonik pada materi plantae kelas X SMAN 14 Maros yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang mengikuti model ADDIE terdiri dari lima tahab di antaranya analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (pelaksanaan), evaluate (evaluasi). Peserta penelitian terdiri dari 34 siswa kelas X MIA 1 SMAN 14 Maros. Alat yang dimanfaatkan meliputi lembar validasi, kuesioner, dan tes hasil belajar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa handout mnemonik yang dibangun memiliki kualitas keabsahan yang sangat baik dengan skor rata-rata 3,7. Selain itu, berdasarkan hasil survei tanggapan pendidik dan peserta didik, handout mnemonik juga dinilai sangat praktis dengan persentase rata-rata 88,7%. Selanjutnya dalam uji keefektifan, handout mnemonik ini termasuk dalam kategori yang sangat berhasil dengan persentase kelulusan peserta didik mencapai 94%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa handout mnemonik ini memenuhi syarat untuk digunakan karena memiliki kualitas yang valid, efisien, dan berhasil.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alawiyah, T., Muttaqien, M., & Hadiansah, (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Androif pada Materi Sistem Imunitas, Bioeduca: Jurnal Pendidikan Biologi. 3(2),112-123. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.6635
Amalia, R., & Triani, A. R. (2018). Perancangan Purwarupa Aplikasi Pendeteksi Gangguan Emosi dan Perilaku pada Anak Usia 3-6 Tahun. e-Proceeding of Art & Design. 5(3),1-10. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/7721
Ami, M. S., Susantini, E. & Raharjo. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI, BioEdu. 1(2), 10-13 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/download/439/342
Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Eduction. 1(1), 53-57. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2774
Annisa, A, R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 11(1), 72-80. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8204
Arianti. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa belajar Aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan. 11(1), 41-62. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Arsyad, A (2014). Media Pembelajaran dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Atimi, N. D. & Afandi. (2021). Catatan Berbentuk Mnemonic: Suatu Proses Konstruksi Pengetahuan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2020, 17173-177. https://www.researchgate.net/publication/353016263_CATATAN_BERBENTUK_MNEMONIC_SUATU_PROSES_KONSTRUKSI_PENGETAHUAN
Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. USA : Springer.
Damayanti, E., Alamsyah, N., Jamilah., & Taufiq, A. U. (2020). Penggunaan Warna terhadap Memori Jangka Pendek: Pendekatan Biopsikologi dalam Pembelajaran, Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling. 10(2), 99-112. http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v10i2.2993
Fachrozi, I., et al. (2020). Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. https://www.researchgate.net/publication/349089095_Penelitian_dan_Pengembangan_Pendidikan_Olahraga
Halim, M. A., Wiyanti, S., & Agustin, R. W. (2012). Keefektifan Teknik Mnemonik untuk Meningkatkan Memori Jangka Panjang dalam Pembelajaran Biologi pada Siswa Kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta, Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa. 1(2), 1-11. https://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/26
Hartanto, S. (2020). Mobalean Maning (Model Pembelajaran Berbasis Lean Manufacturing). Yogyakarta: Deepublish.
Haviz, M. (2013). Research andk Development: Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna, Jurnal Ta’dib. 16(1), 28-43. http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Indriastuti, F. & Saksono, W. T. (2014). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio”. Jurnal Teknodik. 18(3), 304-314. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.136
Jamaluddin, Irman TA, dan Iqbal AA. (2020). Model Pembelajaran Go Car: Guaided, Orentation, Challage, Analysis, dan Review. Jawa Barat: Jejak.
Koksal, O., Sunbul, A.M., Ozturk, Y.E. & Ozata, M. (2013). The Impact of Mnemonic Devices on Attainment and Recall in Basic. Mevlana Internasional Journal of Education (MIJE). 3(4), 265-278. http://dx.doi.org/10.13054/mije.13.42.3.4
Kusumam, A., Mukhidin & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 23(1), 28-39. http://dx.doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352
Mayangsari, D. & Tiara, D.R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial, Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi. 3(2), 125-135. http://dx.doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720
Mumpuni, A. & Nurbaeti, R.U. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD, DWIJAYA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. 3(2), 123-132. http://dx.doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229
Nasution, S.H., Anwar, L., Sudirman & Susiwo. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spesial Siswa pada Topik Dimensi Tiga Kelas X, Jurnal KIP. 4(2), 903-913. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/66
Neolaka, A & Neolaka, G.A.A. (2017). Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.
Pane, A. & Dasopang, M.D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. 3(2), 333-352. http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pramono, N. & Sularto. (2017). Hukum Kepailitan dan Keadilan Pancasila – Kajian Filsafat Hukum Atas Kepailitan Badan Hukum Perseroan Terbatas di Indonesia. Yogyakarta: Andi.
Purnama, S. (2010). Elemen Warna dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Al-Bidayah. 2(1), 113-129. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v2i1.102
Saftina, Inna “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metode Studi Kasus Terintegrasi Nilai Islam. Bioeduca: Journal of Biology Education 3, No. 2 (2021), h. 135-145. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i2.6632
Siriganjanavong. V. (2013). The Mnemonic Keyword Method: Effect on the Vocabulary Acquisition and Retention. English Language Teaching. 6(10), 1-10. http://dx.doi.org/10.5539/elt.v6n10p1
Suniasih, N. W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Neurosains Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Model Inkuiri. Jurnal Mimbar Ilmu. 24(3), 417-429. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.22542
Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.
Widyoko, E.P.S. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijaya, E.K. (2012). Pemanfaatan Modul Mnemonic (Modul Ingatan) dalam Pembelajaran Program Paket C untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 8(1), 1-11. https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/994
Yastini, Y.N., Nurdin, A.R., & Wikanengsih. (2018). Kemampuan Penggunaan Bahasa Baku Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi, Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(5), 659-664.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##