Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penggunaan Media Board Game The Mansion of Happiness dan Board Games Labirin

  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ilyas Ismail Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wiwin Pramita Arif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: board game the mansion of happiness, labyrinth board game, learning outcomes

Abstrak

Tujuan Penelitian ini: 1) Mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media Board Game the Mansion of Happiness pada materi sistem reproduksi kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Madani Alauddin. 2) Mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media Board Game Labirin pada materi sistem reproduksi kelas XI MIA di Madrasah Aliyah Madani Alauddin. 3) Mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik antara yang diajar menggunakan media Board Game the Mansion of Happiness dan Board Game Labirin.  Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian, skor hasil belajar siswa di kelas eksperimen berada pada kategori tinggi, dengan rata-rata jumlah skor pada kelas eksperimen 1 mencapai 90 sedangkan pada kelas eksperimen 2 mencapai 86. Berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji one sample test dengan nilai signifikansi thitung sebesar 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anabella, I. & Lani, M. (2023). Perancangan Board Game sebagai Media Pembelajaran Rukun Islam untuk Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Barik, 4(2), 122-132. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.2.122-132

Anas, A. et al. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik SMAN 2 Bulukumba yang diajar Menggunakan Media Magic Card dan Media Game Twister. Al-Ahya, 3(3), 111-117, http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/14475.

Aprida, P. & Dasopang, D.M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index

Arin, T.M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 69-82. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/316

Aswin, M. (2012). Pencarian Rute terdekat pada labirin menggunakan model A. Jurnal EECCIS, 6(2), 1-4. http://dx.doi.org/10.30829/zero.v4i2.3165

Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(02), 144-155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32

Dwianti, N.I., Julianti, R. & Rahayu, T. (2021). Pengaruh Media PowerPoint dalam pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 675-680. https://doi.org/10.5281/zenodo.5335922

Eni, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur'an, Hadits, Syariah dan Tarbiyah, 3(1), 171-187. https://www.researchgate.net/publication/342618409_PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_HASIL_BELAJAR_SISWA

Hasmiati, H., Jamilah, J. & Mustami, K. M. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkemban dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek, 5(1), 21-35. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3444

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Magfirah, N. & Thahir R. (2020). Peranan Edmodo Sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Biotek, 8(2), 123-136. https://doi.org/10.24252/JB.V8I2.14000

Nasution, P. I. R. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra, 10(1), 1-14. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/56683079/237-630-1-PBIqra1

Nisaa, F. K. & Zuanita, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89-97. https://journal.walisongo.ac.id/index.php//jieed/article/view/8238

Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan Dan Hasil Belajar: Domain Dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, 9(16), 146–164. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541

Risdiany, H. (2021). Pegembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendiikan di Indonesia. Jurnal Al-Hikmah, 3(2), 194-195. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i2.1236

Sakti, G. H. & Kartiani S.B. (2023). Evektivitas Penggunaan Media Board Game Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Visionari, 11(1), 116-121. https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7791

Salam, N., Safei, S. & Jamilah, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf. Jurnal Al-Ahya, 1(1), 52-69. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/5613

Setiawan, T., Paranata, H.O. & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran Ips untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmia Mahasisswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 163-174. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v6i1.13176

Sukardi, M. H. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan:kompetisi dan praktiknya, Edisi Revisi. Jakarta:Bumi Aksara, 1-27.

Tambunan, A.M. & Siagian, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) Pada Materi Fungsi Di Sma Negeri 15 Medan. Humantech :Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1520–1533. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2166

Terananda, Z.N., Mariono, A. & Arianto, F. (2020). ”Evektivitas Media Board Game Digital Pada Materi Degree of Comparison untuk meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP di Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 67-76. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3367

Triastuti, D. & Irawan, B.E. (2017). Penggunaan Media Papan Permainan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. Universitas Negeri Malang.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Journal Al-Ta’Lim, 5(3), 209-215.https://dx.doi.org/10.15548/jt.v19i3.55

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal ISTIQRA, 5(2), 1-11. https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461

Whitehill, S. W. B. (2021). Americains:une perspektif historique. journals.openedition org, 3(1), 5-6. https://doi.org/10.4000/SDJ.2964

Diterbitkan
2024-02-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 66 times