Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Spin Wheel terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik

  • Wilda Wilda Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syahriani Syahriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Maulana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: game-based learning, learning activity, spin wheel

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran game based learning berbantuan media spin wheel terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Marioriwawo. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only design with non equivalent groups. Populasi dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Marioriwawo sebanyak 80 orang. Bentuk pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, kelas VIII 1 selaku kelas eksperimen dengan 26 peserta didik dan kelas VIII 2 selaku kelas kontrol dengan 27 peserta didik. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi keaktifan belajar peserta didik dan angket keaktifan belajar peserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji statistik dekskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa rata-rata skor lembar observasi keaktifan belajar peserta didik pada kelas ekperimen sebesar 83,26 dan kelas kontrol sebesar 71,33. Hasil statistik inferensial didapatkan nilai sign keaktifan belajar sebesar 0,000, hal tersebut  membuktikan nilai sign <α = 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasar dari hasil tersebut dinyatakan bahwa model pembelajaran game based learning berbantuan media spin wheel berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Marioriwawo.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Asmaka, R. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Balen. Skripsi. https://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/53/

Dewantara, J. A., & Heru, N. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture Dalam. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3), 234–241. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend

Dewi. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Game-Based Learning terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 279–282. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula

Fitriati, R., & Fenny. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Media Spinning Wheels Untuk Meningkatkan Aktivitas & Hasil Belajar. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 54–63. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Hamdanah, S. U., & Elya. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Spinning Wheel Ips Kelas V. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 45–91. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.531

Hastjarjo, D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi Quasi-Experimental Design. Jurnal Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Hidayatullah. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Banten: LKP Sethia Budi.

Huda, N. F. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Spinning Wheel dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 155–174. https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1495

Jannah, N. . (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning (Baamboozle) dan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI (Kuasi Eksperimen di Kelas IX SMP Negeri 13 Kota Serang). Jurnal Qathruna 10(1), 10(1), 57–71. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/7399

Kusuma, M. A., Djoko, D. K., Rima, H., & Indra, F. (2022). Alternatif Pembelajaran Aktif di Era Pandemi melalui Metode Pembelajaran Game Based Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.17977/um039v7i12022p028

Ningtias, I. L. K., Andi, M., & Ahmad, A. (2021). Pengembangan Media Game Twister Materi Sistem Reproduksi Di SMA Islam Darussalam. Jurnal Al-Ahya, 3(1), 52–61. https://doi.org/10.2452/al-ahya.v3i1.17654

Noviyanti, G. V. (2018). Pengaruh Game Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA. JUPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 110–115. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n2.p%25p

Nur’Aini, F. (2018). Pengaruh Game Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS. JUPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 249–255. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%25p

Payon, F. F., Dyka, A., & Sasi, M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397

Puteri, L. A. S., & Mintohari. (2022). Pengembangan Media Spinning Wheel Pengembangan Spinning Wheel Sebagai Media Pembelajaran Siswa Materi Perubahan Lingkungan Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 10(7), 1514–1551.

Solichah, M., Akhwani, Sri, H., & Syamsul, G. (2021). Pemanfaatan Media Roda Putar Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Wahana Sekolah Dasar, 29(2), 80–92. https://journal2.um.ac.id/indeks.php/wsd/

Sukardi, M. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Swapranata, A. N. ., Ristiani, & Japa. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal PGSD, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7783

Tumanggor, A., Simarmata, E., & ... (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Word Square. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 475–481. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.573 P-ISSN

Werang, B. R. (2015). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Diterbitkan
2024-02-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 121 times