Media Poster Pada Materi Pencemaran Lingkungan dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstrak
Media poster adalah media informasi yang memberikan kesan menarik, serta dapat membuat materi mudah dipahami sehingga mampu meningkatkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan dalam mengetahui adanya pengaruh penggunaan media poster dengan topik materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Aisyiyah Sungguminasa Gowa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini mengambil sampel 40 peserta didik, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan teknik Purposive Sampling. Pada Instrumen tes menggunakan tes-hasil belajar, lembar pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif, inferensial dengan uji-prasyarat dan uji-independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar peserta didilk yang menggunakan media poster (eksperimen) adalah 90,25, yang masuk kategori sangat baik, sedangkan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media poster (kontrol) adalah 62,50, yang masuk kategori baik, tetapi belum mencapai KKM. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa signifikansi yang didapat yaitu t hitung 0,000<0,05, yang berarti hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media poster secara signifikan mempengaruhi hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media poster.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adrian, G., & Jafar, F. (2015). Penggunaan Modul Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik pada Pokok Bahasan Hukum Newton Kelass VIII MTS Madani Alauddin Pao-Pao. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 143-149. DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v3i2.3735
Ahmad, S. Z. (2019). Digital Posters to Engage EFL Students and Develop Their Reading Comprehension. Jurnal Education and Learning. 8(4), 169-184. DOI: 10.5539/jel.v8n4p169
Atun, S., & Latupeirisa, V.P. (2021). Science KIT Teaching Aid for the Earthquake in Improving Students’ Collaboration Skills and Creative Thinking in Junior High School. European Journal of Educational Research. 10(1), 187-197. DOI: 10.12973/eu-jer.10.1.187
Eucharia, O.U. (2021). Tantangan Menghadapi Pengajaran Sastra-Bahasa Inggris yang Efektif di Sekolah Menengah Nigeria. Jurnal Penelitian & Praktek Pendidikan, 12(1), 37-62. DOI: 10.19044/esj.2020.v16n14p38
Farihah, et al. (2023). Development of 3D-based Learning Modules for University Students. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 11(1), 56-73. DOI: https://doi.org/10.46328/ijemst.2715
Fauzan, M. (2019). Penerapan Pembelajaran Model PBL dengan Metode Tutuor Sebaya pada MateriStatistika untuk Meningkatkan Ketuntasan Klasikal Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 9 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Prisma, 2(3), 403-409. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28963
Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Irfan. (2015). Perpaduan Elemen-Elemen Desain pada Karya Desain Poster Mahasiswa. Jurnal TANRA, 2(2), 54-68. http://eprints.unm.ac.id/4481/
Khastini, O. R., et. al. (2021). Membantu pengetahuan dan berpikir kritis siswa dengan E-Learning media: Poster Jamur Pasca Panen. Jurnal Pendiidikan Siprus Ilmu, 16(4), 1479-1491. http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4747
Sinambela, L.P. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris (Eksperimen Di SDIT Amal Mulia Tapos Kota Depok). Getsempena English Education Journal (GEEJ), 4(2), 101-117. https://www.neliti.com/publications/217637/
Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(2), 95-105. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105
Mulyani, F. (2009). Konsep Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 3(1), 1-8. DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v3i1.16
Niska, B. (2013). Penggunaan Media Poster untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 1(2), 1-12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2228
Nuryadi, et. al. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Pane. A & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(2), 333-352. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/download/945/795
Priyatno, D. (2010). Teknik Muda Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Ramadhan, F. (2022). Poster Digital Berbasis Canva. Solok: Pendidikan Cendekia Muslim.
Rasyid, I. K. R & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Jurnal AXIOM, 7(1), 91-96. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Tejo, N. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19-35. DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran make a match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1), 52-59. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579
Windriyanti, W., Khambali, A., & Kusumawardhani, H. H. (2020). Media Pembelajaran Cangkriman Gambar Bahasa Jawa pada SD Muhammadiyah Kajen Berbasis Android, Jurnal Surya Informatika, 8(1) 378-387. DOI: https://doi.org/10.48144/surya_informatika.v8i
Yusandika, A.D., Istihana, & Erni Susilawati. (2018). Pengembangan Media Poster Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 1(3), 187-196. DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3593
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##