Hubungan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif IPA Peserta Didik

  • Salmawati Salmawati Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
    (ID)
  • Adi Putra Rahman Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
    (ID)
  • Ibnu Hajar Universitas Negeri Yogyakarta
    (ID)
Kata Kunci: Pemanfaatan lingkungan sekolah, Sumber belajar, Hasil belajar kognitif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan hasil belajar kognitif IPA peserta didik. Pendekatan eksplorasi menggunakan metodologi kuantitatif yang bersifat ex-post facto, dengan desain simple association. Penelitian dilakukan di SMPN 4 Polewali. Populasinya seluruh peserta didik kelas VII SMPN 4 Polewali yang berjumlah 215 orang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dengan tehnik probability sampling dengan metode Simple Random Sampling, menggunakan rumus slovin. Instrumen penelitian terdiri atas lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis data hasil penelitian diperoleh data pengambilan keputusan nilai Sig. (0,00) < 0,05, dengan tingkat hubungan berada pada kategori rendah dengan nilai 0,320. Nilai koefisien korelasi (r=0,320) dapat dimaknai bahwa besarnya sumbangan variabel pemanfatan lingkungan sekolah hanya sebesar 10,24%, sedangkan sisanya 89,76% sumbangan variabel lain di luar pemanfaatan lingkungan sekolah

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anggraini, S., & Efendi, N. (2023). Analisis Implementasi Pemanfaatan Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 552–562. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.973 .

De Santa, M., Mete, Y. Y., & Daud, M. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPK St. Gabriel Ndona. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(3), 271-279. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15291.

Hardinata, M. (2014). Hubungan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Memelihara Baterai Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Otomotif FT-UNP. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/view/1668

Haryati, D. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 80–96. DOI: 10.24252/auladuna.v3i2a4.2016.

Irwandi & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2). 66-73. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/7859-18504-1-SM.pdf.

Istiqomah, K. W. (2019). Pemanfaatan Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Braja Fajar. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/485/1/skripsi_Kurnia_Wati_Istiqomah_-_PGMI_-_1501050080.pdf

Lando, E. G. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Lingkuangan Alam Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN Sokoria. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(3), 289-295. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/15580

Miskin, S., & Eksan, W. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 3 Materi Struktur Tumbuhan Melalui Penerapan Media Kongkriet Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 122 Halmahera Selatan. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 21-32. http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/566

Noviawanda et al, (2023). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Tema 6 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 122349 Pematang Siantar TA 2022/2023. Journal of Student Development Information System (JoSDIS), 3(2), 199-210. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/4712-13262-2-PB.pdf.

Nurbari, R. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTS Ishlahil Athfal Rumak Lombok Barat Tahun Pelajarn 2017/2018 (Skripsi Universitas Islam Negeri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan). http://etheses.uinmataram.ac.id/401/

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 66–72. https://doi.org/10.31764/telaah.vXiY.6618.

Pebrina, A. M., & Yuliani, T. (2021). Peranan Tanaman di Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa di SDN 105306 Keriahen Tani, Sumatera Utara. Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 2(1), 145–150. https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/95

Pramesti, A. N., & Makbul, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII 5 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 15–23. https://journal.unsika.ac.id/index.php/az-zakiy/article/view/10006

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076

Sartika, Y. (2018). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Sub Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMPN 4 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3080/

Sasmita, N. N. N., Lestari, T. A., & Bahri, S. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 59-64. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3023.

Warwey, N., & Santoso, G. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran PAI Kelas IV SD Inpres 27 Kabupaten Sorong. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 86-94. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/595

Zainuddin, Y. (2017). Hubungan Penggunaan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar Murid Kelas IV SDN 114 Balombong Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4129-Full_Text.pdf

Diterbitkan
2024-02-09
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 131 times