Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) Berbantuan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Pencernaan
Abstrak
Tujuan penelitian yakni: mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan penggunaan model pembelajaran SOLE berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar peserta didik materi sistem pencernaan di SMPN 06 Mamuju, mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar tanpa penggunaan model pembelajaran SOLE berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar peserta didik materi sistem pencernaan di SMPN 06 Mamuju, mengetahui pengaruh model pembelajaran SOLE berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar peserta didik materi sistem pencernaan di SMPN 06 Mamuju. Jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling pada kelas VIII A sebanyak 20 orang dan kelas VIII B 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi yang telah divalidasi. Hasil penelitian diperoleh dengan analisis deskriptifdan inferensial. Hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 82,25 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 67,00. Uji hipotesis hasil belajar menunjukkan thitung 0,000<0,05 sehingga disimpilkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelejaran SOLE berbantuan E-LKPD dan peserta didik yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran SOLE berbantuan E-LKPD.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aditama, D. A., Sri Astutik, Era Iswara Pangastuti, Fahmi Arif Kurniawan, & Bejo Apriyanto. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) Berbasis Scaffolding terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 8(2), 85–91. https://doi.org/10.21067/jpig.v8i2.8301.
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2021). Model dan Metode Pembelajaran Inovativ. In Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan (Vol. 11, Issue 1).
Dewi, A. K., Ayuwanti, I., & Setyawati, A. (2024). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Pembelajaran Konvensional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 84–89.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65.
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam [Conventional and Critical Creative Learning in the Perspective of Islamic Education]. Hikmah, 18(1), 64–80.
Faidah, S. T. R., Salsabila, A., & Riandi. (2022). Desain Inovasi Media Pembelajaran dengan Penerapan Augmented Reality pada Materi Sistem Pencernaan (Learning Media Innovation Design With Augmented Reality Application on Digestive System Material). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 08(04), 76–83. https://online-journal.unja.ac.id/biodik.
Farida Payon, F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397.
Hartanto, P., Aulia, J., Bintang Ilahi, W., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Melalui Penggunaan Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs. AL-Istiqomah Telagawaru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 182–188. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.188.
Hasan Andikalan, T., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2022). Kemampuan Inkuiri Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Memanfaatkan Media E-LKPD. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 39–45. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i1.1271.
Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. UNM PRESS.
Kusasi, A. (2021). Penggunaan Model SOLE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Materi Teori Kinetik Gas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 175. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2833.
Marlina, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 70. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5319.
Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. Psychology of Learning and Motivation - Advances in Research and Theory, 41, 85–139. https://doi.org/10.1016/s0079-7421(02)80005-6.
Mu’in. (2021). Langkah tepat meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan video pembelajaran. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Novianti, N., Khaulah, S., & Rahma, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) pada Mata Kuliah Geometri Analitik Bidang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(2), 159–166. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4915.
Risdiany, H., & Herlambang, Y. T. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), 195. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.434.
Roviani, S., Idrus, H., Umar, M. I. A., & Chandra, A. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bukittinggi Berbantuan Aplikasi Microsoft Teams. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 3(1), 41. https://doi.org/10.31958/je.v3i1.9541.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Rajawali Pers.
Sari, S. K., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SOLE Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Kelas III. Jurnal Basicedu, 6(4), 6599–6604. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3313.
Sholichah, A. F. (2019). Pembelajaran Self-Organised Learning Environment ( Sole ) Dalam Penyelesaian Tugas Di Smp Negeri 9 Semarang. In Lib Unnes. https://lib.unnes.ac.id/33343/.
Shulman, L. E. E. S. (2004). The wisdom of practice: essays on teaching, learning, and learning to teach. Choice Reviews Online, 42(03), 42-1702-42–1702. https://doi.org/10.5860/choice.42-1702.
Suciati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 321–328. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.290.
Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. PT Remaja Rosdakarya.
Yasmin, Z., & Santoso, B. (2019). Fasilitas belajar dan metode mengajar guru sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 134. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14964.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##