Analysis the Healthy School Campaign in Indonesia: A Health Policy Triangle Approach
Abstrak
Kebijakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diinisiasi oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2014. Namun, tingkat pencapaian layanan kesehatan bagi siswa pada tahun 2021 masih kurang optimal. Program kampanye sekolah sehat diangkat sebagai alternatif kebijakan untuk merevitalisasi program UKS yang telah berlangsung sejak tahun 2022. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis program kampanye sekolah sehat dengan menggunakan kerangka segitiga kebijakan kesehatan yang mencakup aktor, konten, proses, dan konteks menggunakan metode kualitatif dengan sumber data sekunder dari pencarian dokumen elektronik. Hasil diperoleh kebijakan ini melibatkan pelaku resmi pemerintah dan juga dukungan dari kolaborasi mitra non-pemerintah. Pemilihan kebijakan ini didasarkan pada konteks faktor situasional, struktural, budaya, dan internasional yang dimulai dari proses identifikasi masalah dan isu kesehatan anak usia sekolah. Konten program ini berfokus pada kesehatan fisik, nutrisi yang sehat, dan imunisasi. Kesimpulan yaitu pemilihan konten kebijakan ini dipengaruhi oleh cara aktor mengidentifikasi masalah dan isu kesehatan yang ada pada tahap awal persiapan kebijakan. Implementasi program ini membutuhkan sistem kolaborasi yang jelas sebagai acuan pelaksanaan program di unit pendidikan. Untuk meningkatkan efektivitas dan keberlanjutan program, keterlibatan guru dan orang tua juga sangat diperlukan.
Referensi
Kemenkes RI. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI. 2018; 53:89-99.
GYTS. Global Youth Tobacco Survey Lembar Informasi Indonesia [Internet]. 2019. Available from: https://cdn.who.int/media/docs/default-source/searo/indonesia/indonesia-gyts-2019-factsheet-(ages-13-15)-(final)-indonesian-final.pdf?sfvrsn=b99e597b_2
Kemdikbudristek RI. Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor 4447/C/HK.04.01/2023 Tentang Kampanye Sekolah Sehat [Internet]. 2023. Available from: http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id
Kemendikbudristek RI. Pedoman Kampanye Sekolah Sehat [Internet]. 2023. Available from: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/sekolahsehat/bahan-advokasi/index.html
Kemendikbudristek RI, Kemenag RI, Kemenkes RI, Kemendagri RI. Peraturan Bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Menteri Kesehatan RI, Menteri Agama RI, dan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 6/X/PB/2014 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan [Internet]. 2014. Available from: https://uks.kemdikbud.go.id/sekolah-sehat
Buse K, Mays N, Colombini M, Fraser A, Khan M, Walls H. Making Health Policy, 3e: (3rd edition). Third edition. UK: McGraw Hill; 2023.
Kemendikbudristek RI, Kemenag RI, Kemenkes RI, Kemendagri RI. Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No: 03/KB/2022 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Peningkatan Status Kesehatan Peserta Didik. 2022. Available from: https://ayosehat.kemkes.go.id/peraturan---skb-menteri-tentang-penyelenggaraan-peningkatan-status-kesehatan-peserta-didik
Kemendikbudristek. Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 (Empat) Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). 2022. [Internet]. Available from: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/08/kemendikbudristek-terbitkan-se-nomor-7-tahun-2022-perihal-diskresi-skb-4-menteri
Permenko RI. Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja [Internet]. 2022. Available from: www.peraturan.go.id
Zahidie A; Iqbal M; Asif S. Building on the Health Policy Analysis Triangle: Elucidation of the Elements. Pakistan journal of medical sciences. 2023;39(6): 1865-8.
Buse K, Mays N, Walt G. Making Health Policy. Second Edition. UK: McGraw Hill; 2012.
Kemendikbudristek RI. UKS Kampanye Sekolah Sehat [Internet]. 2023. Available from: https://uks.kemdikbud.go.id/sekolah-sehat
Presiden RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. 2009 [Internet]. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Details/38778/uuno-36-tahun-2009.
Khodayari‐Zarnaq R, Alizadeh G. Cardiovascular diseases preventive policy‐making process in Iran: A framework‐based policy analysis. World Medical & Health Policy. 2022 Dec;14(4):679-97.
Mondal S; Van Belle S; Bhojani U; Law S; Maioni A. Policy Processes in Multisectoral Tobacco Control in India: The Role of Institutional Architecture, Political Engagement and Legal Interventions. International Journal of Health Policy and Management. 2021;11(9): 1703-14.
Van Bavel JJ; Cichocka A; Capraro V; Sjåstad H; Nezlek JB; Pavlović T; et al. National identity predicts public health support during a global pandemic. Nature Communications. 2022;13(1): 517-25.
Scott AJ. The longevity society. The Lancet Healthy Longevity. 2021 Dec 1;2(12): e820-7.
Glassgold JM; Wolff JR. Expanding psychology training pathways for public policy preparedness across the professional lifespan. American Psychologist. 2020;75(7): 933 -44.
Russell Jonsson K; Taylor-Robinson DC; Schultz Straatmann V; Melis G; Adjei NK. Health behaviors and subsequent mental health problems during the COVID-19 pandemic: A longitudinal analysis of adults in the UK. Frontiers in Public Health. 2023;10(1): 1-14
Hasanzadeh S; Alishahi M. Public Health Shock, Intervention Policies, and Health Behaviors: Evidence from COVID-19. Review of Economic Analysis. 2022;14(1): 71-88.
UNICEF. What We Do? UNICEF Indonesia [Internet]. 2023. Available from: https://www.unicef.org/indonesia/what-we-do
Behzadifar M; Ghanbari MK; Ravaghi H; Bakhtiari A, et al. Health policy analysis in Eastern Mediterranean region using a health policy triangle framework: Historical and ethical insights from a systematic review. Journal of preventive medicine and hygiene. 2022;63(2): 351-73.
BPS RI. Statistik Indonesia 2022 [Internet]. 2022. Available from: https://www.bps.go.id/indicator/6/715/1/jumlah-penduduk-usia-15-tahun-ke-atas-menurut-golongan-umur.html.
Raoofi A; Takian A; Akbari Sari A; Olyaeemanesh A; Haghighi H, Aarabi M. COVID-19 Pandemic and Comparative Health Policy Learning in Iran. Archives of Iranian Medicine. 2020;23(4): 220-34.
Sentell T; Vamos S; Okan O. Interdisciplinary Perspectives on Health Literacy Research Around the World: More Important Than Ever in a Time of COVID-19. International Journal of Environmental Research and Public Health. 2020;17(9): 1-13.
Dorosti A; Karamouz M; Rahimi VA; Azimzadeh S, et al. Mental Health Services Integration in Primary Health Care in Iran: A Policy Analysis. Iranian Journal of Psychiatry. 2023;19(1): 57–69.
Mueller D. Addressing the challenges of implementing a Health Technology Assessment Policy Framework in South Africa. International journal of technology assessment in health care. 2020 Aug 13;36(4): 453–8.
Ooi JY; Yoong SL; Sutherland R; Wrigley J, et al. Prevalence of current school‐level nutrition policies and practices of secondary schools in NSW, Australia. Health Promotion Journal of Australia. 2021;32(2): 216-26.
Liu CH; Chang FC; Niu YZ; Liao LL, et al. Students’ perceptions of school sugar-free, food and exercise environments enhance healthy eating and physical activity. Public Health Nutrition. 2022;25(7): 1762-70.
Chote B; McKelvie-Sebileau P; Swinburn B; Tipene-Leach D, et al. Culture of Healthy Eating and Food Environments, Policies, and Practices in Regional New Zealand Schools. International Journal of Environmental Research and Public Health. 2022;19(11): 1-12.
Gillies C; Farmer A; Maximova K; Willows ND. First Nations students’ perceptions of school nutrition policy implementation: A mixed methods study. Nutrition & Dietetics. 2018;75(5): 533-40.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Once an article was published in the journal, the author(s) are: granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.