Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Antenatal Care (ANC) dengan Mutu Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

  • Fhirastika Annisha Helvian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Salah satu tanggung jawab sektor kesehatan adalah menjamin tersedianya pelayanan kesehatan yang bermutu. Pengukuran tingkat kepuasan pasien antenatal care dilakukan dalam usaha perbaikan mutu pelayanan kesehatan di wilayah kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan tingkat kepuasan pasien ANC terhadap mutu pelayanan kesehatan di Wilayah kerja Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa tahun 2016. Jenis penelitiaan ini adalah kualitatif dengan pendekatan cross sectional. Metode penarikan sampel adalah simple random sampling dengan instrument penelitian berupa kuisioner. Sampel adalah ibu hamil yang melakukan pemeriksaan ANC di wilayah kerja kecamatan sombaopu Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien sudah baik dan adanya hubungan antara dimensi-dimensi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di wilayah kerja kecamatan sombaopu Kabupaten Gowa. Dengan itu diharapkan mutu pelayanan kesehatan di wilayah kerja kecamatan Sombaopu kabupaten Gowa terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Referensi

Hardi, Jon. 2010. Analisis tingkat kepuasan pasien umum dan pasien jamkesmas terhadap mutu pelayanan rawat inap di RSUD Pasaman Barat.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2014. Laporan pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium Indonesia. Bappenas.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2014. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013, s.l.: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, 2013. Riset Kesehatan Dasar 2013. [Online] Available at: http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf [Accessed 28 Sept 2016].

Sabarguna, Boy S. Buku Pegangan Mahasiswa Manajemen Rumah Sakit. edisi pertama Jakarta: Sagung Seto, 2011.

Parasuraman, A, VA Zeithami, and LL Berry. "Servqual : A Multiple -item scale for measuring consumer perception." Journal of Retaling, 1988: 12.

Rustam Efendi, Alwy Arifin,Darmawansyah. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Aeng Towa Kabupaten Takalar. 2013

Khusnul, Aditya Ariawan & Ery. Analisis kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan pada puskesmas Nglipar Gunungkidul. 2011

Setyaningsih, Wiwik, Rita Benya Adriani, and E Prihatin. Mutu Pelayanan dan Tingkat Kepuasan pasien di Klinik Terpadu politeknik Kesehatan Surakarta. 2009.

Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta ; Salemba Empat, 2009.

Diterbitkan
2019-06-17
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 586 times