PERBANDINGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI (SPE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

  • Nur Indarwati Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ulmi Asnita Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Yuliany Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisnasari Andi Mattoliang Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VII UPT SMPN 3 Mattirosompe dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dan Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE). Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain non equivalent control group. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan penerapan SPPKB pada umumnya berada pada kategori sangat tinggi dan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan penerapan SPE pada umumnya berada pada kategori tinggi. Selain itu, terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan menerapkan SPPKB dan SPE, dimana hasil kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan menerapkan SPPKB lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang diajar dengan menerapkan SPE di kelas VII UPT SMPN 3 Mattirosompe.

 

Abstract

This study aims to compare the mathematical reasoning abilities of the seventh grade students of UPT SMPN 3 Mattirosompe using thinking ability enhancement learning strategy (TAELS) and Expository Learning Strategies (ELS). This type of research is a quasi experiment with a non equivalent control group design. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results showed that students 'mathematical reasoning abilities with the application of TAELS were generally in the very high category and students' mathematical reasoning abilities with the application of ELS were generally in the high category. Besides, there are differences in students 'mathematical reasoning abilities using TAELS and ELS, where the results of students' mathematical reasoning abilities taught by TAELS are higher than students 'mathematical reasoning abilities taught using SPE in class VII students of UPT SMPN 3 Mattirosompe.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, R. F., & Ratnawuri, T. (2016). Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI semester genap SMK Muhammadiyah 2 Metro T.P 2015/2016. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(1), 46–54. https://doi.org/10.24127/ja.v4i1.475

Arifin, Z. (2018). Meningkatkan hasil belajar dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 42.

Astuti, T. P., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengaruh model pembelajaran tandur terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis peserta didik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 201. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1497

Hapmita, D., M, S., & Arif, S. (2014). Penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dalam pembelajaran IPS terpadu. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 2(3).

Lestari, R. M., & Prahmana, R. C. I. (2017). Model guided inquiry, student teams achievement division, dan kemampuan penalaran matematis siswa. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 153–165. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.119

Mudlofir, A. (2016). Desain pembelajaran inovatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Puspaningtyas, N. A. (2019). Peningkatan higher order thinking skills (HOTS) melalui strategi pembelajaran kemampuan berpikir (SPPKB) pada pembelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 8(2), 134–141.

Rizal M, M., Tayeb, T., & Latuconsina, N. (2016). Efektivitas penerapan metode ekspositori berbasis kuis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Ma’Rang Kabupaten Pangkep. MaPan, 4(2), 171–184. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a2

Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII Di SMPN 1 Indralaya Utara. 3(1), 15–24.

Sunarto, W., Sumarni, W., & Suci, E. (2008). Hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran metode think-pair-share dan metode ekspositori. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 244–249.

Velina, Y., & Nurhasanah, W. (2017). Pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan berpikir kritis biologi peserta didik kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 8(2), 67–83.

Wahyudi, W., Purwanto, P., & Mulyati, S. (2016). Penalaran matematis siswa berkemampuan tinggi dan rendah dalam menyelesaikan persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1287–1296.

Waluyati, S. A., Faisal, E. El, & Putri, N. A. (2014). Pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 1(2), 116–122.

Published
2020-11-23
How to Cite
Indarwati, N., Tayeb, T., Asnita, A. U., Yuliany, N., & Mattoliang, L. A. (2020). PERBANDINGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI (SPE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 181-188. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.13572
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 457 times