ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH

  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Fitriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Farham Majid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nidya Nina Ichiana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ika Prasasti Abrar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) mata pelajaran matematika. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bersifat evaluasi yang melibatkan 159 siswa SMAN 1 Pitumpanua. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data melalui teknik dokumentasi. Analisis terhadap data butir soal dilakukan dengan menggunakan program Anates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 15% soal pada kategori baik, 67% soal pada kategori cukup baik, dan 18% soal pada kategori tidak baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal tersebut sudah layak untuk digunakan dalam ujian akhir sekolah. Manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebaiknya senantiasa menyiapkan soal cadangan untuk menggantikan soal dengan kategori tidak baik, revisi dapat dilakukan terhadap soal dengan kategori cukup baik untuk selanjutnya dapat digunakan kembali, dan soal dengan kategori baik dapat dimasukkan ke bank soal.

 

Abstract

This study aims to determine the quality of the school final exam questions in mathematics. The research form used in this study is descriptive quantitative research. This research is an evaluation that involves 159 students of SMAN 1 Pitumpanua. The instrument used in this study was data collection through documentation techniques. Analysis of the item data was carried out using the Anates program. The results showed that 15% of the questions were in the good category, 67% of the questions were in the good enough category, and 18% of the questions were in the bad category. So it can be concluded that the items are suitable for use in the final school exam. The benefits that can be obtained from the results of this study are that it is better to always prepare reserve questions to replace the questions with a bad category, revisions can be made to the questions with a good enough category to be reused later, and the questions with a good category can be entered into the question bank.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Febriani, I. M. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Jerman Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Maospati Tahun Pelajaran 2015/2016. Laterne, V(2), 1–12.

Firmansyah, H., & Sridadi. (2018). Analisis Butir Soal Tes Pilihan Ganda Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kelas VIII SMPN 1 Wonosari Tahun Ajaran 2017/2018. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 7(12), 139–157.

Fitrianawati, M. (2015). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 5(3), 282–295.

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015 / 2016 Smp Negeri 36 Makassar. Journal of Islamic Education, Vol. 1(No. 1), 11–17.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika (Cetakan ke-1). Jakarta: PT RajaGrafindo.

Iskandar, A., & Rizal, M. (2017). Analisis Kualitas Soal di Perguruan Tinggi Berbasis Aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 12–23.

Ismanto, I. (2014). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 211–236. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.773

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Nasir, M. (2015). Analisis Empirik Program Analisis Butir Soal dalam Rangka Menghasilkan Soal yang Baik dan Bermutu Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Fisika. Prosiding Semirata, 336–347.

Nuswowati, M., Binadja, A., Soeprodjo, & Ifada, K. E. N. (2011). Pengaruh Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Kimia Terhadap Pencapaian Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 566–573.

Pasi, S. N., & Yusrizal. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Indonesia Buatan Guru MTsN di Kabupaten Aceh Besar. Master Bahasa, 6(2), 195–202. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/MB/article/view/11666

Sappaile, B. I., & Pristiwaluyo, T. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional dengan Pendekatan Klasik dan Teori Respon Butir Mata Pelajaran Matematika. Proceedings of National Seminar Research and Community Service Institue Universitas Negeri Makassar, 15, 246–253.

Slamet, S., & Maarif, S. (2014). Pengaruh Bentuk Tes Formatif Assosiasi Pilihan Ganda dengan Reward dan Punishment Score pada Pembelajaran Matematika Siswa SMA. Infinity Journal, 3(1), 59–80. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.39

Sulistiawan, C. H. (2016). Kualitas Soal Ujian Sekolah Matematika Program IPA dan Kontribusinya Terhadap Hasil Ujian Nasional. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/pep.v20i1.7516

Sumiati, A., Widiastuti, U., & Suhud, U. (2018). Workshop Teknik Menganalisis Butir Soal dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMK Cileungsi Bogor. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 136–153. https://doi.org/10.21009/jpmm.002.1.10

Supandi, S., & Farikhah, L. (2016). Analisis Butir Soal Matematika Pada Instrumen Uji Coba Materi Segitiga. JIPMat, 1(1), 71–78. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1085

Wulan, A. R. (2001). Pengertian dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, dan Pengukuran. FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, 1–12.

Published
2020-11-30
How to Cite
Mania, S., Fitriani, F., Majid, A. F., Ichiana, N. N., & Abrar, A. I. P. (2020). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 274-284. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.16569
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 1871 times